spot_img

Ketua LP3M Unismuh Dr Abubakar Narasumber Klinik Proposal Penelitian di UMGO

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT- Gorontalo. Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang juga merupakan Reviewer Nasional Kemdikbudristek, Dr Abubakar Idhan MP menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Workshop dan Klinik Proposal Penelitian di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

Kegiatan yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UMGO ini digelar Sabtu – Ahad, 5-6 Februari 2022, di Kampus UMGO, Jl. Prof. Dr. H. Mansoer Pateda, Kab Gorontalo.

Perhelatan ilmiah ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas dan Mutu Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat untuk Hibah Kemendikbudristek 2022″.

Ketua LPPM UMGO Dr Moh Firyal Akbar mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh lembaganya.

Menurutnya, sebelum memulai proses penelitian diperlukan workshop dan klinik proposal untuk para dosen sebagai peneliti. Tujuannya, agar penelitian yang dilakukan sesuai dengan Roadmap, serta menghasilkan sebuah karya/produk yang dapat memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kemenkumham.

Menurut Firyal, dalam kegiatan ini juga digelar penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara LP2M UMGO dan LP3M Unismuh Makassar. “MoA ini merupakan tindaklanjut MoU antara Rektor UMGO dan Unismuh Makassar” beberapa waktu lalu.

Dalam MoA tersebut, lanjut Ketua LP2M UMGO ini, ada dua bentuknya yakni klinik proposal dan implementasi aplikasi.

“Untuk UMGO nama aplikasinya SIMPENMAS (Sistem Manajemen Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Insyaallah kita akan melakukan launching, mengingat aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk bapak/ibu dosen. Untuk mekanismenya bapak/ibu akan mendapatkan akun dan bisa memasukan juga menyimpan data pada aplikasi tersebut,”tandasnya.

Baca juga :  Staf Khusus Bupati Toraja Utara Dituding Minta Sejumlah Uang pada Lurah yang Baru Dilantik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gadis 13 Tahun di Kabupaten Pinrang di Temukan Tak Bernyawa  Dengan Luka Lebam di Sekujur Tubuh

PEDOMANRAKYAT, Makassar — Seorang anak wanita berusia (13) tahun inisial FT, bekerja di salah satu cafe yang berada...

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Gowa Berbagi Takjil

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Dalam rangka HUT ke-50, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Gowa berbagi ratusan takjil di...

Pj. Bupati T.R. Fahsul Falah Buka Puasa Bersama dengan Keluarga Besar SMPN 5 Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menghadiri acara buka puasa bersama dengan keluarga besar UPTD...

Warga BTN Gojeng Permai Adakan Buka Puasa Bersama di Masjid

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Jemaah Masjid Lailatul Qadri BTN Gojeng Permai Sinjai menggelar acara berbuka puasa bersama, Rabu (27/03)...