Ketua LP3M Unismuh Dr Abubakar Narasumber Klinik Proposal Penelitian di UMGO

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT- Gorontalo. Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang juga merupakan Reviewer Nasional Kemdikbudristek, Dr Abubakar Idhan MP menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Workshop dan Klinik Proposal Penelitian di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

Kegiatan yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UMGO ini digelar Sabtu – Ahad, 5-6 Februari 2022, di Kampus UMGO, Jl. Prof. Dr. H. Mansoer Pateda, Kab Gorontalo.

Perhelatan ilmiah ini mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas dan Mutu Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat untuk Hibah Kemendikbudristek 2022″.

Ketua LPPM UMGO Dr Moh Firyal Akbar mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh lembaganya.

Menurutnya, sebelum memulai proses penelitian diperlukan workshop dan klinik proposal untuk para dosen sebagai peneliti. Tujuannya, agar penelitian yang dilakukan sesuai dengan Roadmap, serta menghasilkan sebuah karya/produk yang dapat memperoleh sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kemenkumham.

Menurut Firyal, dalam kegiatan ini juga digelar penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara LP2M UMGO dan LP3M Unismuh Makassar. “MoA ini merupakan tindaklanjut MoU antara Rektor UMGO dan Unismuh Makassar” beberapa waktu lalu.

Dalam MoA tersebut, lanjut Ketua LP2M UMGO ini, ada dua bentuknya yakni klinik proposal dan implementasi aplikasi.

“Untuk UMGO nama aplikasinya SIMPENMAS (Sistem Manajemen Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Insyaallah kita akan melakukan launching, mengingat aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk bapak/ibu dosen. Untuk mekanismenya bapak/ibu akan mendapatkan akun dan bisa memasukan juga menyimpan data pada aplikasi tersebut,”tandasnya.

Baca juga :  Kota Tua Dan Kota Masa Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dinsos Selayar dan Warga Tionghoa Bantu 167 Penumpang Terdampak Cuaca Ekstrim

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Dua kapal penumpang yang terdampak cuaca ekstrim berupa angin kencang dan ombak besar pada...

Wabup Selayar Serahkan Bantuan Tanggap Darurat Kepada 16 KK Warga Desa Patikarya

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Wabup Kepulauan Selayar Saiful Arif menyerahkan bantuan Tanggap Darurat kepada 16 Kepala Keluarga (KK)...

Sepasang Remaja Belasan Tahun Kembali Terjaring Razia Satpol PP

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Kegiatan patroli kembali digencarkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemadam Kebakaran dan...

Diduga Korupsi APBDes Rp 656 Juta, Mantan Kades Kahu-Kahu Resmi Ditahan

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Mantan Kepala Desa Kahu-Kahu, Kecamatan Bontoharu yang berinisial AM telah resmi ditahan oleh Kepolisian...