spot_img

50 Personel Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Laksanakan Vaksinasi Booster

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT – Sanggau.

Sebanyak 50 personel pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan program Pemerintah berupa vaksinasi booster jenis AstraZeneca bertempat di Puskesmas Entikong Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, SIP dalam keterangannya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (16/02/2022).

Dansatgas mengatakan, program ini salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya. Vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Menurutnya lagi, Vaksin ini bekerja sesuai dengan namanya, yaitu untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen tertentu setelah menerima dosis vaksin awal. Pada dasarnya, ada dua skenario yang membuat seseorang membutuhkan vaksin booster untuk penyakit Covid-19, yaitu untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin sebagai langkah penguat dan mencegah penularan dari varian virus Corona yang telah bermutasi.

“Personel Satgas Pamtas sebagai Garda terdepan harus melindungi diri dari penyebaran Covid-19 terutama varian omicron, salah satunya adalah dengan vaksinasi booster ini,” ujar Dansatgas.

Di tempat yang sama dokter Fajri selaku dokter Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengatakan dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting perlunya vaksinasi booster ini. Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi 1 dan 2, terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Baca juga :  Berikan Penghargaan dan Sambut Satgas Konga Unifil, Pangdam XIV/Hsn : Bekerja yang Lebih dan Cerdas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gadis 13 Tahun di Kabupaten Pinrang di Temukan Tak Bernyawa  Dengan Luka Lebam di Sekujur Tubuh

PEDOMANRAKYAT, Makassar — Seorang anak wanita berusia (13) tahun inisial FT, bekerja di salah satu cafe yang berada...

Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Hadiri Rakerda BKKBN Sulsel 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kapoksahli Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Tri Saktiyono, mewakili Pangdam, menghadiri acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda)...

Dianugerahi Penghargaan, Pangdam XIV/Hsn : Terima Kasih Masyarakat Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin (Hsn) Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP, menerima penghargaan atas dedikasi dan pengabdiannya...

Penuh Kehangatan, Pangdam XIV/Hsn Sambut Audiensi Pangdivif-3/Kostrad

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP, menerima audiensi Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3/Kostrad...