spot_img

Kematian

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Al Imam al- Ghazali pernah berkata, “Hal yang paling dekat dengan manusia dalam kehidupan di dunia ini adalah kematian.”

Ini merupakan nasihat bagi umat manusia agar senantiasa menyadari bahwasanya kematian bisa datang kapan saja, kepada siapa saja, dan tidak mengenal usia tua maupun muda.

Ungkapan yang disampaikan oleh Imam al-Ghazali, hampir serupa dengan kisah yang pernah ditulis oleh seorang sufi kuno, Bayazid.

Dikisahkan, ada seseorang yang sangat dekat kepada Allah SWT sedang melakukan pelayaran menumpang sebuah kapal laut. Para penumpang yang ikut berlayar di atas kapal tersebut, banyak yang mengenal hamba yang dekat kepada Allah SWT banyak di antara mereka yang meminta nasihat kepada hamba Allah tersebut.

Nasihat yang diberikan sang hamba tersebut sangatlah sederhana, yakni agar mereka mengikuti apa yang menjadi rahasia bagi mereka yang sangat dekat kepada Allah SWT, dari waktu ke waktu.

Adapun rahasia para hamba yang dekat kepada Allah SWT yang disampaikan kepada mereka yang meminta nasihat yakni, “Cobalah untuk memahami kematian, hingga kalian mengerti apa sesungguhnya kematian itu.”

Ketika kapal memasuki laut dalam, tiba- tiba angin bertiup kencang dan menimbulkan ombak yang dahsyat. Para awak kapal panik dengan peristiwa tersebut, apalagi kapal yang mereka tumpangi diombang-ambingkan oleh ombak tinggi, hingga sebagian air laut tumpah di atas kapal.

Para penumpang berteriak histeris sejadi-jadinya, suara minta tolong terdengar bersahut-sahutan di antara para penumpang kapal, sementara seorang hamba Allah SWT hanya duduk tenang, sembari berzikir dan tidak terpengaruh dengan keadaan para penumpang lain.

Baca juga :  Bocah Hanyut Ditemukan Meninggal, Terseret Arus Sungai Sejauh 500 Meter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Yayasan Tamalatea Makassar Selenggarakan Sholat Idul Adha Berjamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Yayasan Tamalatea Makassar dengan penuh suka cita menyelenggarakan perayaan Sholat Idul Adha 1445 H pada...

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...