spot_img

Wakil Ketua KPK Bawakan Kuliah Umum Di Unismuh Makassar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, membawakan kuliah umum di hadapan civitas akademika Unismuh Makassar Kamis 31/03/2022, di Lt.17 Rektorat Gedung Iqra.

Turut hadir dalam kegiatan, Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag; Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Tahir, M.Si, para dosen dan mahasiswa.

(foto : ist)

Alexander pada kesempatan itu mengatakan, KPK mendorong peran serta perguruan tinggi dan mahasiswa membantu desa mengelola dan melaksanaan dana desanya supaya sesuai peruntukannya.

“Di Sulsel sendiri ada satu desa yg menjadi percontohan Desa Anti Korupsi di Gowa,” tegasnya.

Ditambahkan, media lebih senang memberitakan penindakan padahal tugas KPK banyak, pencegahan, tidak ada perubahan kerja, yang berubah adalah prioritas kerja, kalau dulu penindakan skala pertama, tapi saat ini pencegahan lebih didahulukan.

Makanya aparat penegak hukum berusaha bagaimana upaya restorative justice, jadi tidak semua masalah harus diselesaikan di pengadilan.

KPK berharap kampus menjadi candradimuka dalam kampanye dan pencegahan korupsi, dimulai dari transparansi pengelolaan anggaran pendidikan, ada sistem pengaduan yang disiapkan oleh kampus dan membentuk karakter mahasiswa berintegritas.

Strategi pemberantasan korupsi dari KPK ada tiga yakni; penindakan, pencegahan, edukasi dan kampanye. Penindakan yakni supaya takut korupsi dan efek jera. Pencegahan, tidak bisa korupsi dan perbaikan sistem. Edukasi dan kampanye, yakni tidak ingin korupsi dan membangun nilai dan peran serta masyarakat. (yahya)

 

Baca juga :  Deputi 1 Kemenpora Hadir dalam Pembukaan  Rakernas XI PMKRI di Tana Toraja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...