spot_img

Antara Marhaban Dan Ahlan Wa Sahlan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Kata Marhaban, sebagaimana dikutip oleh Quraiys Shihab dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, berasal dari kata rahb, yang berarti lapang. Marhaban ya Ramadan, berarti kami menyambutmu dengan penuh kegembiraan dan kami persiapkan untuk mu tempat yang luas agar engkau bebas melakukan apa saja, yang berkaitan dengan upaya mengasah dan mengasuh jiwa kami.

Ramadan identik dengan membakar atau mengasah. Disebut demikian, karena pada bulan ini, dosa-dosa dan kesalahan yang mungkin pernah dilakukan oleh seseorang, akan diampuni oleh Allah SWT. Dosa seseorang akan diampuni oleh Allah SWT jika saja mereka mengikuti dan menaati segala aturan dan ketentuan di dalam bulan tersebut.

Kata ahl, keluarga, sahl, kemudahan. Ketika kita mengucapkan kata “Ahlan wa Sahlan” kepada seseorang, berarti orang tersebut hadir di tengah-tengah sebuah keluarga dengan mendapat segala kemudahan yang diinginkannya, juga melangkahkan kaki di dataran rendah dengan mudah.

Ahlan wa Sahlan dan Ramadan, memiliki makna yang sama. Bedanya, ahlan wa sahlan berarti menuruni jalan yang rendah dengan menemukan segala kemudahan, mungkin juga fasilitas, hingga tidak menemukan kendala berarti dalam melakukan suatu tindakan.

Sementara Ramadan, berarti juga menanjak, naik ke atas. Hal ini bisa saja berarti, ketika kita mampu melaksanakan semua sesuai aturan yang ada di dalam bulan ini, maka kita akan naik ke atas.

Apakah jiwa, hati, atau pahala kita yang naik? Hati seseorang akan naik  menuju kepada kebersihan dan ketulusan hati, jika ia mampu menjaga hatinya dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Apa yang dilarang di dalam bulan ini? Tentu saja, hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Baca juga :  Gubernur Kaltara dan Dirregident Korlantas Polri Ramaikan Pertandingan Domino Komunitas PAS Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...