spot_img

Gandeng Saber Pungli Polres Toraja Utara, Perumda Mekar Sejahtera Gelar Pelatihan Juru Parkir

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA – Pelatihan dan Pembekalan Petugas Lapangan (Petugas Parkir) bertajuk “Terwujudnya Petugas Lapangan yang handal Menguasai Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) Sistem Parkiran” digelar di Kantor Perumda Mekar Sejahtera (BUMD) Jln. Pahlawan No.3 Rantepao, Jumat, 01 April 2022.

Menurut Direktur Perumda Mekar Sejahtera, Salfinus Sawelinggi’, Perumda Mekar Sejahtera adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berdiri sejak tahun 2019 sesuai Peraturan Daerah (Perda) No.10 tahun 2019, dan dibentuk dengan maksud menunjang perkembangan serta peningkatan perekonomian daerah dan pendapatan asli daerah.

“Perumda Mekar Sejahtera bergerak dalam beberapa bidang usaha dan saat ini sedang mengelola pelayanan jasa parkir di lingkup Kabupaten Toraja Utara. Ada 14 juru parkir yang terdiri dari parkir tempat khusus dan parkir tepi jalan umum. Saat ini kami masih kekurangan crew di lapangan dan yang dibutuhkan  seharusnya ada 70 petugas lapangan juru  parkir,” katanya.

“Tarif untuk retribusi parkir kendaraan beranekaragam. Kendaraan roda dua/motor Rp.2.000, mobil Rp.4.000, sitor Rp.3.000, mobil pick-up Rp.4.000, dan tarif  ini sudah diatur dalam Perda. Selain itu  untuk parkir berlangganan telah dirancang dibuatkan stiker dengan tarif bayar per bulan dan sasarannya adalah kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi,” tambahnya.

“Hari ini kita melaksanakan pelatihan bagi petugas lapangan dengan menghadirkan beberapa narasumber tentang mekanisme tata cara parkir kendaraan dengan standar operasional prosedur (SOP) serta mekanisme tata cara pemungutan retribusi parkir kepada pelanggan tanpa adanya tindakan menyimpang yang disisi lain juga  meminimalkan kebocoran pendapatan daerah. Ini tujuan pelatihan hari ini,” ungkap Dirut Perumda Mekar Sejahtera.

Baca juga :  Sidrap Lokasi Studi Komparatif Inspektorat Bima

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...

Majelis Ta’lim To’kaluku Makale Serahkan Bantuan Korban Longsor Pangra’ta

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Majelis Ta'lim Mesjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, Minggu (21/4) kemarin serahkan bantuan ke keluarga korban bencana...