spot_img

Parade Budaya Makassar 2022, Danny Tampilkan Tradisi Pappasang, Nasehat Empat Etnis

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.CO.ID.MAKASSAR—Parade Budaya dalam rangka rangkaian Hari Budaya Kota Makassar 2022 digelar dinas Pariwisata Kota Makassar, di depan Museum Kota Makassar Jalan Balaikota. Jumat (1/4/2022).

Wali Kota Danny bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail serta Forkopimda Kota maupun Prov.Sulsel dan tamu kehormatan lainnya, disambut meriah dengan tari tarian penyambutan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Danny tampilkan tradisi Pappasang dari empat etnis daerah yang ada di Sulawesi Selatan.

“Pappasang adalah nasehat budaya yang merupakan warisan budaya empat etnis Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar yang di dalamnya terkandung nilai nilai, wasiat, amanat yang berisi petuah-petuah tentang ajaran moraletika dan budi pekerti yang luhur,” ucap Danny usai membacakan nasehat dari ke empat etnis daerah di Sulsel.

Di tempat yang sama, Kadis Pariwisata Kota Makasar Andi Herfida Attas mengatakan, sesuai dengan temanya

“Warna Warni budaya yang ada di kota Makassar” diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan rasa kecintaanterhadap seni budaya daerah serta mempertahankan seni budaya lokal warisan dari para leluhur.

“Dalam kegiatan ini kami libatkan paguyuban, etnis dan Sanggar seni yang ada di Kota Makassar utamanya bagi mereka yang berada dan tinggal di lorong lorong, dalam wilayah Kota Makassar,” jelasnya.

Parade Budaya dimeriahkan dengan atraksi seni berupa Gandrangbulo 1000 lorong secara daring, Parade budaya dengan menampilkan Cipta Busana Karnaval, tembang daerah Makassar, Sinrilik serta aneka pertunjukan budaya menarik lainnya.(*ucu)

Baca juga :  Diskominfo Gelar Forum OPD, Amson: Upaya Sulsel Satu Data

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

MPC Community dengan Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar Kerjasama Vaksinasi Rabies dan Perawatan Kucing Anabul

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pencinta kucing di Makassar bersatu dalam suatu wadah diberi nama Makassar Pawrent Community (MPC), bekerja...

53 Dosen STIE AMKOP Ikut Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebanyak 53 dosen STIE AMKOP Makassar telah menjalani pelatihan Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Capaian...

Gelar Reuni Akbar Kolosal, Ribuan Alumni SMAKARA Angkatan 1954-2024 Akan Berkumpul di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni SMA Katolik Rajawali (IKA SMAKARA) Makassar kembali merencanakan menggelar hajatan reuni akbar yang...

Masyarakat Keluhkan Operasional RM Boneta, Pencemaran Asap dan Limbah Resahkan Penghuni Rumah Sekitarnya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Operasional Rumah Makan (RM) Boneta (Bone Tamparang) yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kapasa,...