spot_img

Kunjungan Tim Monev Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI ke Kota Makassar

Bagikan:

Tanggal:

Monev dilakukan dengan menyebarkan form monitoring dan evaluasi penyuluh Tahun 2022 untuk diisi oleh para penyuluh, sebagai instrumen acuan perbaikan pelayanan Ditjen Bimas Buddha ke depan.

Lebih lanjut dikatakan, Penyuluh Agama Buddha Non PNS merupakan perpanjangan tangan Ditjen Bimas Buddha dan corong pemerintah dalam penyampaian informasi kepada umat Buddha. Untuk itu, para penyuluh diharapkan dapat memberikan penyuluhan tentang agama Buddha di semua sekte, dengan materi-materi penyuluhan yang lintas sekte.

Untuk tahun 2022, ada 1.182 orang Penyuluh Agama Buddha Non PNS yang dibagi proporsional di seluruh Indonesia, dimana untuk Sulsel ada 16 orang penyuluh. Apresiasi diberikan atas keikhlasan dan kerelaan seluruh Penyuluh Agama Buddha Non PNS yang sangat antusias membina umat.

Berkaitan dengan petunjuk teknis terbaru, para penyuluh diharapkan membentuk empat kelompok binaan dan memberikan penyuluhan sebanyak delapan kali sebulan. Kelompok binaan dapat terdiri dari : Sekolah Minggu Buddha, pemuda buddhis, wanita buddhis, kebaktian umum, kebaktian manula, dan sebagainya.

Pelaporan Penyuluh Agama Buddha Non PNS dilakukan secara tertulis. Ke depannya, ada Sistem Informasi Penyuluh Agama (Sipena) berupa aplikasi dan pelaporan yang fleksibel dan mudah digunakan oleh para penyuluh. Aplikasi Sipena saat ini dalam proses perampungan.

“Kerjasama dan koordinasi sangat penting demi kelancaran penyuluhan. Tingkatkan terus kompetensi para penyuluh dan tingkatkan pula inovasi Pokjaluh dalam pelayanan dan pembinaan kepada umat Buddha dan masyarakat,” pesan Analis Kebijakan Ahli Muda ini.

Ditambahkan pula oleh Penyusun Bahan Pembinaan Penyuluh, bahwa ada empat fungsi Penyuluh Agama. Yaitu, fungsi informatif dengan menyampaikan informasi dari Pemerintah kepada umat, fungsi edukatif dengan memberikan pengetahuan kepada umat, fungsi konsultatif dengan memberikan bimbingan kepada umat, serta fungsi advokasi dengan memberikan pendampingan dan dukungan moril kepada umat.

Baca juga :  Pemkab Sinjai Berhasil Jalankan Program Penciptaan Lapangan Kerja Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...