spot_img

Baznas Bone Lakukan Bimbingan Unit Pengumpul Zakat

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE –

Memasuki hari ke-3 Ramadan 1443 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone, melakukan bimbingan terhadap Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Selasa 5/4/2022).

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone, Drs H Zainal Abidin, mengatakan, Baznas merupakan lembaga bentukan pemerintah yang ditugaskan mengatur dan mengelola zakat.

Bimbingan yang berlangsung di Aula masjid Agung Kabupaten Bone itu, dihadiri utusan dari Kantor Urusan Agama (KUA), ketua dan sekretaris UPZ kecamatan, kelurahan, dan desa.

H Zainal Abidin menegaskan, pembagian zakat di lapangan harus tepat sasaran karena terpantau media dan lembaga swadaya masyarakat, sehingga jika ada berbuat kesalahan akan mudah viral di media.

“Saya berharap jangan ada berbuat kesalahan dalam penyaluran zakat, karena mudah viral di media,” kata Zainal Abidin.

Sebagai tambahan katanya, bimbingan tentang sosialisasi zakat, khususnya zakat mal dan tata cara pelaporan serta pengisian blanko pengumpulan zakat kecamatan, kelurahan, dan desa.

Perlu pula dilakukan upaya menyadarkan masyarakat tentang kewajiban mengeluarkan zakat sebagai upaya pembersihan dan penyucian harta melalui UPZ desa dan kecamatan setempat.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah, zakat yang terkumpul disalurkan kepada yang berhak dan tepat sasaran. Baik terkait urusan keagamaan, sosial, dan kemasyarakatan.

Zakat juga bisa mengurangi beban masyarakat yang terkena musibah dan membantu pemerintah memberantas kemiskinan. (rur)

Baca juga :  Jasa Raharja Sulsel Adakan Rakor Forum Keselamatan Lalu Lintas Provinsi Sulawesi Selatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Meninjau Objek Wisata Tilangnga Kolam Purba

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau objek wisata Tilangnga...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....