spot_img

Adil, Sifat Orang Bertakwa

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Kita bersyukur sebagai rakyat Indonesia yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila sebagai azas berbangsa dan bernegara. Upaya dan kerja keras, yang dilakukan oleh para pendiri Bangsa dalam meletakkan azas berbangsa dan bernegara, sudah melalui proses panjang. Untuk menghargai dan menghormati mereka, rakyat Indonesia hendaknya melaksanakan nilai-nilai yang termaktub dalam UUD 1945 dan Pancasila.

Di antara sila dari Pancasila yang sangat identik dengan nilai-nilai ketakwaan adalah Keadilan yang terdapat dalam sila kedua dan kelima. Sila kedua berbunyi, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, sedangkan sila kelima berbunyi, Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Sebagai hamba Allah SWT yang sedang melaksanakan ibadah puasa, kaum mukmin senantiasa diajak oleh Allah SWT untuk menjadi hamba yang bertakwa, “Semoga kalian menjadi hamba yang bertakwa”.

Kaum mukmin yang bertakwa kepada Allah SWT akan senantiasa melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sosial-kemasyarakatan, apalagi hal tersebut sangat didukung dan dianjurkan, bahkan diwajibkan oleh Allah SWT untuk menerapkannya.

Allah SWT berfirman dalam QS al-Maidah 5: 8, “Berlaku adil lah, karena sikap adil lebih dekat kepada ketakwaan kepada Allah SWT. Dan bertakwalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.”

Keadilan, merupakan salah satu kebutuhan mendasar umat manusia, dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, di mana pun mereka berada.

Ketika ketidakadilan tidak diimplementasikan dalam suatu masyarakat, maka hal tersebut akan menimbulkan ketimpangan, kecemburuan sosial yang dapat berakibat negatif bagi mereka yang merasa tidak diperlakukan dengan adil.

Baca juga :  331 Warga Binaan Lapas Bone Dapat Remisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Enrekang Ajak Warga Tanam Pohon di Pinggir Sunga, Hutan dan Lahan Kritis

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi tingkat Kabupaten Enrekang yang dipusatkan di halaman kantor Badan Penanggulangan...

BPVP Pangkep Gandeng Diskop UKM Pinrang Adakan Pelatihan bagi UMKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melakukan kegiatan pelatihan bagi para pelaku...

Perpisahan Siswa-siswi SMA Negeri 2 Enrekang, Pj Bupati Dr. Baba Beri Wejangan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, menghadiri penamatan pelajar di UPT Sekolah Menengah...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...