spot_img

Selama Ramadan, Program Vaksinasi Covid-19 di Sinjai Tetap Dilaksanakan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Selama bulan suci Ramadan tahun ini, program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sinjai tetap dilaksanakan. Hal itu karena vaksinasi tidak membatalkan puasa, sebagaimana fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, saat ditemui Rabu (06/04/2022) menegaskan, petugas vaksin tetap akan melaksanakan tugasnya dalam upaya memberikan layanan vaksinasi Covid-19 kepada warga sasaran yang belum divaksin.

Selama bulan suci Ramadan ini, pelayanan vaksinasi akan dipusatkan di seluruh Puskesmas. “Secara umum vaksinasi tetap dilaksanakan seperti biasa yakni dilakukan di seluruh puskesmas atau di tempat yang telah ditentukan sebelumnya,” katanya.

Lanjut dr. Emmy, selain tidak membatalkan puasa, vaksinasi saat menjalani puasa tidak berbahaya bagi kesehatan penerima vaksin, selama kondisi mereka dinyatakan sehat oleh tim vaksinasi.

“Sebelum divaksin tetap kita lakukan skreening apakah kondisinya memungkinkan dalam artian kuat untuk divaksin atau ditunda dulu, semuanya tergantung hasil dari pemeriksaan awal oleh dokter,” jelasnya.

Ditambahkan, persediaan atau stok vaksin di Sinjai saat ini masih aman sehingga warga yang ingin divaksin baik dosis pertama, kedua maupun dosis ketiga (booster) bisa mendatangi fasilitas kesehatan.

“Stok vaksin kita aman, sebab jika stok kita sudah menipis kita langsung komunikasikan di Provinsi untuk minta tambahan,” tuturnya. (AaN)

Baca juga :  DPC Iwapi Kota Makassar Gelar Rakercab, Hj. Isnaeni : Buka Peluang Usaha Seluas-luasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...

Majelis Ta’lim To’kaluku Makale Serahkan Bantuan Korban Longsor Pangra’ta

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Majelis Ta'lim Mesjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, Minggu (21/4) kemarin serahkan bantuan ke keluarga korban bencana...