spot_img

Petani Enrekang Mengadu ke Komnas HAM

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Setelah warga Enrekang korban penggusuran pembukaan lahan sawit PTPN XIV mengadu ke DPD RI pada Kamis (07/04/2022), kemudian dilanjutkan Jumat (08/04/2022) menemui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Perwakilan warga Enrekang dari Aliansi Masyarakat Massenrempulu (AMPU) ini diterima Wakil Ketua Internal Komnas HAM RI, Munafrizal Manan, Jumat (08/04/2022).

Andi Zulfikar selaku Koordinator AMPU pada pertemuan itu menyampaikan persoalan pengrusakan tanaman warga di Kecamatan Maiwa sejak tahun 2017 terjadi di empat desa Kecamatan Maiwa.

“Bahkan Desa Karrang di Kecamatan Cendana juga terancam mengalami penggusuran di Kampung Botto Dengen, Desa Batu Mila, lahan pertaniannya nyaris habis digusur,” jelas Zulfikar.

Lanjut Zulfikar, tercatat 147 petani telah kehilangan tanaman pertaniannya sejak penggusuran minggu kedua Desember 2021 di Desa Batu Mila. Jumlah ini belum termasuk penggusuran tahun sebelumnya di Desa Botto Mallangga, Desa Patondon Salu dan Lingkungan Pakkodi Kelurahan Bangkala. Aktivitas PTPN XIV di Maiwa tidak hanya merusak lahan pertanian tapi juga ternak warga tidak terhitung lagi yang sudah mati.

Ditambahkan Rahmawati Karim, AMPU tidak pernah kendor, dan capek, apalagi lelah terus perjuangkan nasib petani korban penggusuran PTPN XIV. Apalagi saat ini sudah beberapa warga korban penggusuran terancam kelaparan. Bahkan kehilangan kesempatan untuk pendidikan. Pasca penggusuran makanan warga sudah terbatas, demikian pula biaya pendidikan.

Komnas HAM segera mengambil sikap tegas atas tindakan PTPN XIV telah menghilangkan mata pencaharian warga. Termasuk mendesak Bupati Enrekamg, H. Muslimin Bando mencabut rekomendasi pembaharuan HGU ke PTPN XIV.

Baca juga :  Deklarasi BacaPres Bukan Berarti Partai Oposisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Enrekang Ajak Warga Tanam Pohon di Pinggir Sunga, Hutan dan Lahan Kritis

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi tingkat Kabupaten Enrekang yang dipusatkan di halaman kantor Badan Penanggulangan...

BPVP Pangkep Gandeng Diskop UKM Pinrang Adakan Pelatihan bagi UMKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melakukan kegiatan pelatihan bagi para pelaku...

Perpisahan Siswa-siswi SMA Negeri 2 Enrekang, Pj Bupati Dr. Baba Beri Wejangan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, menghadiri penamatan pelajar di UPT Sekolah Menengah...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...