spot_img

Remaja Akan Cerdas dan Terampil Jika Belajar Jurnalistik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA – Remaja usia sekolah akan cerdas dan terampil, serta akan memiliki banyak teman jika belajar jurnalistik. Karena dengan belajar jurnalistik dan aktif melakukan kegiatan jurnalistik, maka mereka akan terus menerus membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan banyak orang.

“Belajar dan berlatih jurnalistik akan melatih keterampilan menulis, menambah kecerdasan karena kita terus menerus membaca, dan juga banyak teman karena kita harus bertemu banyak orang ketika meliput berita, terutama untuk wawancara,” kata wartawan senior Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat membawakan materi Dasar-dasar Jurnalistik pada Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Pembuatan Blog, yang diadakan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Khadijah Binti Khuwailid Kompleks Bumi / Griya Pallangga Mas 1, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, di Masjid Khadijah Binti Khuwailid, Ahad, 10 April 2022.

“Anak yang sudah terbiasa menulis sejak masih remaja, akan lebih mudah mengerjakan makalah dan tugas-tugas yang diberikan dosen saat kuliah, dan juga akan lebih mudah menyusun skripsi di akhir perkuliahan,” ungkap Asnawin yang juga sudah belasan tahun mengajar jurnalistik di beberapa kampus.

Tentang materi jurnalistik yang dibawakannya, dia mengatakan, jurnalistik adalah kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

“Ada juga yang mengatakan jurnalistik itu gabungan antara dua kata yaitu jurnal yang berarti catatan harian, dan istik dari kata estetika yang berarti keindahan. Dengan demikian, jurnalistik dapat juga diartikan sebagai seni menulis berita secara indah melalui media massa,” tutur Asnawin yang pemegang sertifikat Pelatih Nasional Wartawan PWI.

Baca juga :  In Memoriam: Muhammad Tahir: Luangkan Waktu Membersamai Mahasiswa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Evakuasi Warga Pengkendekan Dampak Banjir Sungai Rongkong, Personil Sabbang Kerja Ekstra

PEDOMANRAKYAT - LUWU UTARA - Personil Polsek Sabbang Polres Luwu Utara Polda Sulawesi Selatan evakuasi warga Desa Pengkendekan...

Tingkatkan Disiplin Personel, Propam Polres Toraja Utara Gelar Gaktiblin

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Seksi Propam Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar kegiatan penegakkan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) bagi...

Laka Minibus Tenggelam di Salubarani Belum Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Minibus Daihatsu Zenia bernomor polisi DP 1292 FC dikemudikan Alber (33) warga Talonge, Lembang Rantetalonge, Kecamatan...

Pj Bupati Enrekang Ajak Warga Tanam Pohon di Pinggir Sunga, Hutan dan Lahan Kritis

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi tingkat Kabupaten Enrekang yang dipusatkan di halaman kantor Badan Penanggulangan...