spot_img

Menko Maves Luhut dan Tiga Ketum Partai Akan Dilaporkan DPP GPSH ke Bareskrim Mabes Polri

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat Gerakan Pengawal Supremasi Hukum (DPP GPSH) akan melaporkan Menko Maves Luhut Binsar Panjaitan, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartanto, Ketum Partai PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Partai PKB Muhaimin Iskandar ke Bareskrim Mabes POLRI.

Seperti diketahui Bahwa dilaporkannya keempat tokoh tersebut ke Bareskrim Mabes Polri terkait dugaan perbuatan membuat kegaduhan yang melahirkan polemik yang menjurus perpecahan di kalangan masyarakat.

“Bagi kami usul Perpanjangan Jabatan Presiden 3 periode dan usulan Penundaan Pemilu merupakan upaya Cup Detat terhadap Konstitusi NKRI dan Pengkhianatan terhadap UUD 1945. Oleh karena itu semua pihak harus diajak kembali kepada Konstitusi yang benar dan konsekwen. Isu yang dilemparkan keempat tokoh tersebut tidak mendidik dan childnes. Oleh karena itu kami harus ikut terus mengawal dan menyelamatkan Konstitusi NKRI yang telah disepakati bersama,” tegas Ketum DPP GPSH, H.M. Ismail, SH, MH, Senin (11/04/2022) di Jakarta.

Dijelaskan oleh Ismail bahwa delik yang akan disangkakan adalah ke empat tokoh itu diduga telah membuat pernyataan yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal XIV dan Pasal XV Undang-Undang tentang Peraturan Hukum Pidana (UU No. 1 Tahun 1946) dengan rumusan sebagai berikut :

Pasal XIV : (1) Barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.

(2) Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

Baca juga :  Hadirnya MPP, Mudahkan Warga Sinjai Dapat Pelayanan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...

IKA PMII Pinrang Peringati Harlah PMII ke 64

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Memperingati Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke 64, Ikatan Alumni PMII Pinrang...