spot_img

Tahfidzul Quran Daarussa’adah dari Makassar Berbagi Hingga ke Bandung

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.BANDUNG–Di bulan suci ramadhan, pondok Tahfidz Quran yatim dan dhuafa lazimnya menunggu para dermawan datang untuk membawa  sekedar nasi atau takjil untuk mereka makan. Tapi, tidak dengan Pondok Yatim Tahfidzul Qur’an Daarussa’adah satu ini.

 

Pondok yang dibawah naungan Yayasan Daarul Yataama Wal Huffaadz ini, sejak awal didirikan (Oktober 2021), menganut prinsip  tidak hanya bisa menerima tapi juga memberi.

Tak tanggung-tanggung, pondok yang berlokasi di jalan Andi Djemma Makassar ini, tidak hanya berbagi kepada sesama yatim dan  dhuafa di lokasi sekitar, tetapi juga ke daerah-daerah lain di Nusantara ini. Termasuk, di Bandung yang notabene terletak  di pulau Jawa.

“Sejak awal berdirinya, ide utama yang ingin kami tanamkan adalah anak yatim dhuafa di pondok kami akan dididik tidak
sekedar hanya bisa menerima bantuan saja alias tangan di bawah. Tapi anak anak harus bisa menerapkan prinsip ‘tangan di  atas’,” ungkap Lilyana Djafrie, salah satu pendiri Yayasan ini.

Tak heran, program-program yang diluncurkan Pondok Tahfidz ini pun selain pendidikan umum dan agama juga program program  berbasis keterampilan tiga bahasa (Arab, Inggris dan Jepang) serta keterampilan mengolah kue, dan keterampilan lainnya.

Selain itu Yayasan sebagai payung hukum dari Pondok Tahfidz ini telah memiliki usaha keagenan air galon Al-Ma, dan distribusi  telor ayam. Kedepannya, Yayasan memiliki visi untuk terlibat dikegiatan usaha koperasi, peternakan, lahan kebun hingga  klinik kesehatan.

Visi pondok ini adalah menghasilkan generasi yang tidak sekedar terdidik tetapi juga memiliki keunggulan  danketrampilan yang kelak bahkan bisa bersaing dengan sumber daya manusia di luar negeri. Mustahil ? Tentu saja tidak,  melihat program yang sedang berjalan dan kekompakan pengurus yang memiliki visi yang jauh ke depan.

Baca juga :  Pangdam I/BB Kunjungi Lokasi Pengungsian Korban Gempa

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...

TNI AL Gelar Launching Dan Bedah Buku “Diplomasi Sang Hiu Kencana”

PEDOMANRAKYAT - JAKARTA  - Atas dedikasinya terhadap keamanan dan perdamaian di wilayah perairan yang telah membuatnya menjadi salah...

Pelaku Pemalsu Plat Dinas TNI Ditangkap

PEDOMANRAKYAT, Jakarta - Puspen TNI). Pelaku pemalsu plat dinas TNI yang viral beberapa waktu lalu telah ditangkap, upaya...