spot_img

Beragama

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Subuh hari ini, agak ribet juga ketika ingin menorehkan tulisan sebagai coretan sehari-hari. Bolak-balik kesana-kemari, baca buku, A, B, C, dan seterusnya, namun juga belum menemukan judul yang sreg di hati.

Lama buka buku, akhirnya saya memutuskan membaca WA, yang cukup ramai pagi ini. Ada satu tulisan yang menarik ketika membuka WA, yang ditulis oleh guru/ orang tua saya, al Mukarom Prof Dr HM Qasim Mathar.

Beliau menulis, “Manusia tanpa Agama tapi berakhlak/ bermoral/ beradab mulia, lebih baik bagi kehidupan daripada manusia beragama tapi berakhlak/ bermoral/ beradab buruk. Sebab, inti/ hakikat agama adalah akhlak/ moral/ adab yang mulia. Sambil mengutip hadis Rasulullah SAW : Bahwasanya, Saya diutus semata untuk menyempurnakan kemuliaan2 akhlak”.

Sempat terhenti beberapa saat, ketika saya membaca tulisan tersebut. Saya sangat setuju dan sependapat dengan apa yang ditulis, hanya saja saya bergumam, “semoga kita mampu melaksanakan ajaran agama dengan baik dan mengikuti jejak Rasulullah SAW.”

Tiba-tiba saya teringat bacaan imam Salat Isya semalam. Saking penasarannya saya bertanya, “Surat apa tadi yang dibaca?”

Sang imam menjawab, “Yunus: 82.”

Sambil mengetik, saya mencari surat yang disampaikan oleh sang imam, namun saya tidak menemukan apa yang dibaca.

Isi surat tersebut kurang lebih, “Sesungguhnya mereka yang tidak berharap untuk bertemu dengan Kami (hari akhir), dan ridha dengan kehidupan duniawi, serta bangga (menganggap abadi) kehidupan duniawi, serta lalai dengan ajaran alquran, bagi mereka adalah suatu kerugian yang besar.”

Baca juga :  Bupati Sidrap Dollah Mando Harap Petugas Pendataan Regsosek Emban Tugas dengan Baik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...

Pemkab Sinjai Adakan Ucapacara Hari Otonomi Daerah

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, Kamis (25/04/2024)...