spot_img

Islam Agama Manusia Sepanjang Masa

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Alhamdulillah, kita telah memasuki hari kesebelas dari Bulan Suci Ramadan, semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan untuk senantiasa banyak-banyak beristigfar kepada Allah SWT.

Sebagai kelanjutan dari coretan kemarin Beragama, pagi ini, saya membaca sebuah tulisan yang cukup menarik dari salah seorang Guru Bangsa, Prof Dr Nurchalish Madjid, atau lebih akrab disapa dengan sapaan Cak Nur.

Dalam tulisan beliau, Islam, Agama Manusia Sepanjang Masa, diungkapkan, Islam, yang berarti tunduk dan pasrah sepenuhnya hanya kepada Allah SWT, merupakan sikap inti ajaran agama yang benar di sisi Allah SWT.

Dalam QS Yunus/10: 72, Nuh AS membawa ajaran Islam. Nabi Ibrahim AS juga membawa ajaran Islam dan diwariskan kepada anak cucunya, termasuk kepada turunan Ya’qub atau Israil, QS al-Baqaroh/2:130-132. Di antara anak Ya’qub, adalah Yusuf, yang berdoa agar kelak mati sebagai seorang Muslim, QS Yusuf/12:101.

Alqur’an juga menuturkan bahwa para ahli sihir Fir’aun, juga berpaling dari Fir’aun dan mengikuti ajaran Nabi Musa AS. Mereka pun berdoa untuk dimatikan dalam keadaan Islam, QS al-A’raf/7:126.

Ratu Bilqis dari Yaman, Arabia Selatan, juga tunduk kepada Nabi Sulaiman AS dan mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi Sulaiman AS, QS al-Naml/27:44.

Semua turunan Yahudi dari Nabi Ya’qub ditegaskan sebagai orang yang melaksanakan ajaran Islam, QS al-Maidah/5:44. Lalu Isa al-Masih mendidik kaum hawariyun untuk menjadi orang yang tunduk kepada Allah SWT, QS Al Imran 3:52-53 dan al Maidah 5:111.

Baca juga :  Ahmad Syaikhu Pastikan Anggota, Struktur dan Simpatisan PKS All Out Menangkan Anies Baswedan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...