spot_img

Kasad : Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Tegaknya Pancasila

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, AMBON – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM menegaskan, mahasiswa sebagai agen perubahan agar mampu mendorong kelompok masyarakat lainnya dalam menjaga nilai-nilai Pancasila.

“Mahasiswa sebagai garda terdepan menjaga tetap tegaknya Pancasila,” kata Kasad saat menyampaikan kuliah umumnya di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (13/04/2022).

Kuliah Umum Kasad ini dihadiri Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J Saptenno, SH, M.Hum beserta Civitas Akademika dan mahasiswa Universitas Pattimura yang dihadiri juga oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Dalam kuliah umum yang bertema “Mahasiswa Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, Kasad menyampaikan, pada era sekarang telah terjadi inovasi yang secara fundamental mengubah sistem tatanan sosial baru memanfaatkan keunggulan teknologi dan internet sehingga membuat dunia menjadi tanpa batas.

Kasad juga mengingatkan, dengan perkembang teknologi informasi saat ini, banyak beredar berbagai informasi atau berita bohong yang dilakukan secara masif serta terus menerus. Jika hal ini tidak bisa disikapi secara bijak dan hati-hati maka akan dapat menimbulkan konflik SARA maupun konflik horizontal lainnya.

Kasad mencontohkan beberapa negara yang mengalami peperangan padahal negara-negara tersebut berada dalam satu daratan. Bangsa Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan cukup rentan terjadinya konflik komunalistik karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar.

Dihadapan peserta kuliah umum, Kasad menyampaikan, semangat pendiri Bangsa Indonesia dalam menyusun dasar negara berdasarkan keutamaan kepentingan bangsa bukan kepentingan golongan.

Baca juga :  Wakapolsek Mamajang Imbau Siswa-Siswi SDN Inpres Cendrawasih Bijak dalam Gunakan HP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Ngopi Bareng, Bhabinkamtibmas Tamalabba Pererat Silaturahmi Bersama Warganya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Duduk santai bercengkrama bersama warga masyarakat di kelurahan binaannya, sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh...

Agar Tepat Sasaran, Bhabinkamtibmas Malimongan Kawal Pendistribusian Beras  

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bantuan beras dari Bulog, Bhabinkamtibmas Kelurahan Malimongan Aiptu Ilyas menyalurkan dan mengawal jalannya pendistribusian di...

Polsek Paotere Berikan Pengamanan Wisatawan Penumpang Kapal Pesiar MS Coral Geographer

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Memberikan kenyamanan terhadap wisatawan penumpang kapal pesiar MS Coral Geographer selama berada di Pelabuhan Makassar,...

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...