spot_img

Kejari Cabang Tana Toraja Musnahkan Barang Bukti Senjata Api dan Narkotika

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Cabang Tana Toraja di Rantepao melakukan pemusnahan barang bukti (BB) dari 29 perkara tindak pidana narkotika, pembunuhan dan tindak pidana lainnya. Pemusnahan ini berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Eksekusi pemusnahan tersebut dilaksanakan bersama-sama/kolektif di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Cabang Tana Toraja di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 14 April 2022.

Kajari Cabang Tana Toraja di Rantepao Deri Fuad Rachman, SH mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 29 perkara pidana yang telah diputus pengadilan dan sudah berkekuatan hukum tetap. Perkara itu meliputi tindak pidana penyalahgunaan narkotika, pembunuhan dengan senjata api, penipuan dan lainnya.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara membakar, dan memotong-motong dengan menggunakan peralatan Gurinda listrik.

Sementara untuk barang bukti jenis narkotika berbagai jenis, dimusnahkan dengan masukkan ke dalam alat penghancur/blender kemudian disatukan dengan air sehingga zat narkotika tersebut dapat berubah bentuk dan larut bercampur bersama air yang selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan khusus agar tidak mencemari lingkungan.

Proses pemusnahan itu sesuai keputusan majelis hakim, yakni disita untuk dimusnahkan. Selain itu, tindakan itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan barang bukti dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Barang bukti ini perkaranya beragam, semua sudah inkracht dan punya kekuatan hukum. Barang bukti ini terdiri dari, narkotika jenis sabu, senjata api, parang, handphone, batu dan lainnya. Perkaranya sudah diputus pengadilan sejak tahun 2013-2021,” kunci Deri Fuad Rachman, SH yang didampingi Kasubsi Intelijen Muslimin Lagalung, SH kepada wartawan media ini, Kamis (14/04/2022).

Baca juga :  Usut Laporan Dugaan Penganiayaan Oleh Kapolres Labuhanbatu, Propam Polda Sumut Bentuk Tim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Meninjau Objek Wisata Tilangnga Kolam Purba

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau objek wisata Tilangnga...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....