spot_img

Teknologi Maggot, Solusi Kelola Sampah Organik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR–Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar lirik pengelolaan sampah organik menggunakan teknologi Maggot atau Black Soldier fFy (BSF).

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto bersama Entomo Korea yang berpengalaman dalam teknologi ini, di kediaman pribadi Walikota, Jalan Amirullah. Rabu (13/4/2022).

“Sampah organik itu terkhusus untuk mengolah sampah-sampah makanan dengan menggunakan teknologi Maggot atau BSF. Hal ini juga selaras arahan KPK kemarin pada saat pertemuan bahas pengelolaan sampah,” ujar Danny.

“Jadi saya akan masukkan ini dalam teknologi pengolahan sampah. Saya bilang sampah itu tidak dibakar, jadidengan menggunakan teknologi ini,” ucap Danny.

Sebelumnya Pemkot Makassar telah bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan teknologi Biodigister.

“Kita punya kerja sama dengan ITB, biodigister. Setelah biodigister masuk ke sini. Saya tanya ke mereka bisa nda masuk ke sini, ternyata bisa. Sehingga harus kita bikin skema, seperti arahan KPK kemarin, kita olah semuasampah kita,” jelas Danny.

Menurutnya, teknologi Maggot ini sangat menarik, karena dapat menjadi sebuah industri kosmetik dan Makassa rmenjadi salah satu percontohan di Indonesia.

“Artinya ini sebuah hal yang baru dan green, jadi pro lingkungan. Saya perintahkan DLH itu untuk merespon ini.

Alat sudah di pasang. Jumat saya pergi lihat. Dia memang kasih karena dianggap kita serius, jadi contoh di sini diMakassar, jadi promosi,” ungkapnya.

Wali Kota kemudian mencontohkan sampah makanan di Makassar ada sebesar 53%, kalau bicara 1000 ton perhari, berarti ada 530 ton sampah makanan per hari.

Baca juga :  STIK Tamalatea MoU di Bali UCSI-IPEST-INDONESIA Delegation Collaboration Meeting

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Koalisi Advokasi Jurnalis Sulsel Gelar Aksi Damai depan PN Makassar

MAKASSAR - Puluhan jurnalis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung dalam Koalisi Advokasi Jurnalis (KAJ) Sulawesi Selatan (Sulsel)...

Direksi dan Staf Hotel Claro Makassar Gelar Halalbihalal Bersama 200 Anak Panti Asuhan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Direksi dan seluruh Staf Hotel Claro Makassar menggelar kegiatan Halalbihalal bersama 200 anak yatim piatu...

Kapolsek Tallo Kompol Ismail Amankan Dan Mediasi Kedua Belah Pihak Kasus Penganiayaan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kapolsek Tallo Kompol Ismail, SE, MM didampingi Kanit Reskrim Polsek Tallo, Iptu Saiful Basir memimpin...

Dana Digelapkan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah Tetap Didebit Bayar Cicilan

PEDOMANRAKYAT, SURAKARTA - Jefri Wanto, warga Surakarta tidak pernah berpikir kalau niatnya membeli mobil dengan pembiayaan leasing akan...