spot_img

Maryam, Seorang Wanita Suci

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Al Imran, merupakan surat ketiga dari kitab Suci Alquran, yang salah satu isinya berceritera tentang keluarga Imran.

Selain sebagai tokoh nyata dan historis, Imran juga merupakan lambang kebenaran Ilahi dan simbol kontinyuitas penyampaian kebenaran Ilahi kepada seluruh umat manusia.

Kisah tentang keluarga suci tersebut, di dalam Alquran dimulai dengan penuturan bagaimana isteri Imran mengandung dan bernazar kepada Allah SWT untuk mendidik anaknya menjadi seorang yang bebas dari urusan duniawi, dikarenakan senantiasa mengemban amanah tugas keagamaan, sebagai wujud pengabdiannya kepada Allah SWT.

Isteri Imran sebagaimana disebutkan di dalam Alquran, tidak melahirkan seorang bayi lelaki, tetapi seorang bayi perempuan. Isteri Imran tidak merasa kecewa dengan fakta tersebut, walaupun dia sangat berharap mendapatkan seorang bayi laki-laki. Bayi mungil yang baru saja dilahirkan diberi nama Maryam, dan isteri Imran berjanji kepada Allah SWT untuk mendidik bayi tersebut dan melindunginya dari setan yang terkutuk

Allah SWT menerima tekad isteri Imran tersebut dan Maryam tumbuh menjadi wanita yang suci bersih. Maryam diasuh oleh Nabi Zakaria AS bersama isterinya Ellizabeth, yang merupakan sepupu Maryam sendiri.

Zakaria seringkali mendapati anak asuhnya, Maryam, berdoa di dalam mihrab, dengan ketersediaan makanan yang sangat cukup baginya. Makanan yang didapati oleh Maryam, merupakan mukjizat dari Allah SWT.

Suatu hari, ketika Maryam sedang berada di dalam mihrabnya, malaikat datang kepadanya dan berkata, “Hai Maryam, sesungguhnya Allah memberi berita gembira kepadamu dengan suatu sabda dari pada-Nya, yang nama al-Masih, Isa putera Maryam, seorang yang terhormat di dunia dan akhirat, dan termasuk mereka yang dekat (kepada Allah SWT).

Baca juga :  Bupati Pinrang Hadiri Pelantikan Pengurus KKP Kabupaten Pasangkayu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...

IKA PMII Pinrang Peringati Harlah PMII ke 64

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Memperingati Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke 64, Ikatan Alumni PMII Pinrang...

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...