spot_img

Angan-Angan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Satu pepatah Arab yang cukup menarik perhatian dan senantiasa menjadi pelajaran bagi saya pribadi adalah, “Tarju al- Najaata wa lam tasluk masaalikaha, inna al- safinata la tajri, ala al- yabas.”

Maksud nasihat ini adalah, “Banyak orang yang ingin menggapai sukses, namun mereka tidak mengikuti ketentuan yang berlaku. Ketahuilah, sesungguhnya kapal layar tidak ada yang berlayar di atas daratan.”

Banyak orang yang ingin mendapat pahala dari Allah SWT, sebagaimana di Bulan Suci Ramadan seperti saat ini, namun enggan melakukan amalan yang bisa membuat mereka dekat dan mendapat pahala dari Allah SWT. Mereka berharap pada kemurahan rahmat dari Allah SWT, namun hal tersebut bukanlah rahmat, melainkan hanya angan-angan semata.

Menurut Ibn Athaillah, “Pengharapan yang sesungguhnya adalah yang disertai dengan aktualisasi diri, jika tidak diaktualisasikan maka hal tersebut sama saja bohong.”

Bulan suci Ramadan merupakan bulan pengampunan, bulan yang setiap amal saleh dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Jika kita ingin meraih pengampunan dan pahala yang berlipat dari Allah SWT, maka kita dianjurkan banyak-banyak beristigfar, banyak melakukan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah SWT, serta berupaya sekuat tenaga menjauhi larangan Allah SWT.

Hal ini juga makna lain dari kata Takwa. Jika kita tidak banyak beristigfar, tidak banyak berbuat amal saleh, maka hal tersebut disebut sebagai angan-angan belaka.

Dalam menggambarkan orang-orang seperti itu, al-Ghazali menyebutnya sebagai “Ghayatu al Gurur”, mereka yang berada di puncak angan-angan.

Baca juga :  Waketum PAFI Sulsel Raymundus Chaliks Hadiri Muscab II PAFI Luwu Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

146 Napi di Sinjai Terima Remisi, Pj. Bupati Sampaikan Pesan Motivasi

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) remisi kepada warga...

Pj Bupati Enrekang dan Masyarakat Sambut Idul Fitri Dengan Penuh Hikmah

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, bersama Pj Ketua TP-PKK Hj. Siti Rabiah Baba, melaksanakan...

Penuh Khidmat, Sekda Sinjai Adakan Halal Bi Halal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H bersama Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di...