spot_img

KKM Bone Bakal Gelar Tudang Sipulung, Bicarakan Penamaan Arung Pone

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR.

Dewan Pengurus Provinsi Kerukunan Keluarga Masyarakat (KKM) Bone Provinsi Sulsel bakal menggelar acara tudang sipulung guna membicarakan penamaan Arung Pone dalam kegiatan sosial dan kebudayaan.

Lewat Tudang Sipulung itu nanti akan membicarakan dan merumuskan selain penamaan Arung pone juga ada semacam tempat simbol rumah raja atau semacam kraton di Bone.

Demikian mengemuka pokok pikiran dalam Rapat Pengurus Provinsi KKM Bone Provinsi Sulsel, Rabu (13/04/2022) lalu, di Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulsel.

Rapat ini langsung dipimpin Ketua KKM Bone Sulsel, Drs. H. A. Syahriwijaya, MM didampingi Sekretaris Umum, Andi Ahmad Agung.

Pada rapat itu mengemuka, pada kegiatan kebudayaan selama ini penamaan dari Luwu, Payungnge di Luwu dan Sombaya ri Gowa dan Bone seharusnya Mangkaue ri Bone, tetapi penamaan Pemangku Adat.

Juga mengemuka pada rapat karena tempat yang jadi simbol rumah raja atau semacam kraton tidak ada di Bone, sehingga pada acara kebudayaan Festival Keraton secara nasional tidak dapat dilaksanakan di Bone. Karena salah satu syaratnya, harus ada tempat yang jadi simbol rumah raja atau keraton.

Pada rapat terbatas tersebut turut hadir memberi masukan para dosen asal Bone di antaranya; Dr. Muhlis Haderawi (Unhas), Dr. Andi M. Akhmar (Unhas), Dr. Andi Ilham Samanlangi (Unibos), Anggota DPRD Sulsel, Dr. Hj. Andi Nurhidayati, M.Si serta berbagai kalangan lainnya.

Lewat rapat terbatas ini segera akan membuat tim kerja yang mempersiapkan materi pertemuan serta siapa unsur orang Bone yang akan diundang hadir dalam acara tudang sipulung itu.

Baca juga :  Pj. Ketua TP. PKK Sinjai Apresiasi Demo Pembuatan Roti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Koalisi Advokasi Jurnalis Sulsel Gelar Aksi Damai depan PN Makassar

MAKASSAR - Puluhan jurnalis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung dalam Koalisi Advokasi Jurnalis (KAJ) Sulawesi Selatan (Sulsel)...

Direksi dan Staf Hotel Claro Makassar Gelar Halalbihalal Bersama 200 Anak Panti Asuhan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Direksi dan seluruh Staf Hotel Claro Makassar menggelar kegiatan Halalbihalal bersama 200 anak yatim piatu...

Kapolsek Tallo Kompol Ismail Amankan Dan Mediasi Kedua Belah Pihak Kasus Penganiayaan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kapolsek Tallo Kompol Ismail, SE, MM didampingi Kanit Reskrim Polsek Tallo, Iptu Saiful Basir memimpin...

Dana Digelapkan Marketing BCA Multifinance, Rekening Nasabah Tetap Didebit Bayar Cicilan

PEDOMANRAKYAT, SURAKARTA - Jefri Wanto, warga Surakarta tidak pernah berpikir kalau niatnya membeli mobil dengan pembiayaan leasing akan...