spot_img

Advokasi Masyarakat, Dompet Dhuafa Kolaborasi Halo Lawyer

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA –

Dompet Dhuafa dan Halo lawyer menandatangani kerja sama Akses Keadilan Bagi Masyarakat Dhuafa di Gedung Filantropi, Jakarta Selatan, Sabtu (16/4/2022).

Kerja sama ini dilakukan untuk membuka akses terhadap keadilan (access to justice) seluas-luasnya bagi masyarakat.

Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, dalam sambutannya mengatakan, kasus ketimpangan keadilan terlalu kompleks untuk dikawal sendiri-sendiri.

“Dompet Dhuafa mencoba mendesain pengelolaan advokasi secara konsisten. Salah satunya, akses pendampingan hukum bagi orang-orang yang tidak punya kekuatan untuk melawan hegemoni, yang banyak terjadi. Kita lihat setiap harinya ramai di media,” ujarnya melalui rilis yang diterima, Minggu (17/4/2022).

Dikatakan, ini menguatkan kesadaran bahwa Dompet Dhuafa memerlukan aliansi yang kuat dan melakukannya bersama.

“Kita kokohkan komitmen untuk pengentasan kemiskinan dan perlu pihak seperti saat ini, ada Halo Lawyer yang mengambil tanggung jawab agar mereka punya akses keadilan sehingga peran advokasi menjadi lebih konkrit dan aksesnya terbuka seluas-luasnya,” kata Bambang.

Sebagai informasi, lanjut Bambang, penggunaan dana zakat untuk kepentingan advokasi telah disetujui oleh MUI.

“Menyalurkan dana zakat sudah baik tapi tidak cukup. Kita perlu masuk lebih ke akar penyebab kemiskinan yang struktural. Maka, hal yang demikian sangat strategis bagi lembaga, untuk menyalurkan dana zakat dalam bentuk advokasi sehinga hasilnya lebih produktif untuk masyarakat ke depan,” tandas Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Forum Zakat ini.

Hal senada disampaikan General Manager Advokasi Dompet Dhuafa, Arif Rahmadi Haryono, yang mengatakan, kerja sama dengan Halo Lawyer dilakukan untuk memperluas kemampuan Dompet Dhuafa dalam memberikan akses keadilan bagi yang membutuhkan.

Baca juga :  Kapolri: Profesi Satpam Mulia, Sangat Penting Membantu Tugas Kepolisian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...