spot_img

Cinta Pria-Wanita Sebagai Fitrah

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Membina hubungan akrab antara pria dan wanita merupakan fitrah yang amat penting. Pernikahan adalah cara alami dan wajar untuk mewujudkan kecenderungan alami seorang lelaki kepada seorang perempuan secara timbal balik dan untuk membangun sebuah keluarga.

Pernikahan yang setia berada dalam santunan Allah SWT dan perlindungan-Nya, karena pernikahan yang setia tersebut dibangun  di bawah asma Allah SWT, QS: al-Nisa, 4:1.

Banyak ahli mengatakan bahwa paham kenisbian yang berlebihan pada zaman kita sekarang membuat sebagian orang mundur dari kejelasan moral. Karena takut terlibat jauh dalam sesuatu apa pun, sebagian lagi menekankan pentingnya sekadar,”saling mempermainkan”.

Karena tidak sepadan dengan makna mendalam ajaran pernikahan, mereka kemudian cukup puas dengan “kumpul” semata. Mereka mengejar “pemenuhan diri”, dan “komitmen”, namun mereka selalu dibayangi oleh realita bahwa sekadar omongan tidak akan berfaedah dan bahwa yang mereka sebut sebagai “komitmen” itu mudah menguap bagaikan air ditelan gurun.

Perkawinan yang baik adalah sebuah ikatan seumur hidup yang disahkan oleh Tuhan. Perkawinan memerlukan sesuatu yang lebih banyak daripada sekadar “peduli”, “pemenuhan diri”, dan “komitmen”.

Perkawinan memerlukan adanya kesadaran tentang kehadiran Tuhan dalam hidup umat manusia. Kehadiran Allah SWT akan membimbing manusia ke jalan yang lurus, jalan kebahagiaan sejati dan abadi. Perkawinan menuntut kita untuk jujur pada diri sendiri, kepada jodoh kita masing-masing, dan kepada Allah SWT, QS al-Ahzab; 33: 70-71.

Jujur kepada diri sendiri, jujur kepada pasangan hidup, dan jujur kepada Allah SWT. Ikhlas, tulus, dan murni. Jujur kepada pasangan hidup, karena pasangan hidup adalah “pakaian”, dan suami isteri adalah pakaian satu untuk lainnya, QS al-Baqarah/2: 187.

Baca juga :  Polri Akan Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Kapolri Harap Mudik Berjalan Lancar dan Aman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...

Pemkab Sinjai Adakan Ucapacara Hari Otonomi Daerah

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024, Kamis (25/04/2024)...