spot_img

Salah Satu Syarat Sahnya Shalat Adalah Terhindar dari Najis yang Dianjurkan Islam

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Rukman Nawawi

NAJIS dapat diindikasikan karena masih adanya sisa-sisa hadats kecil maupun hadats besar yang masih menempel di anggota tubuh meskipun sudah berwudhu. Hal ini disampaikan pada ceramah subuh Gurutta Ramdanil Ambo Tuo. S.Pd.I di Masjid Jami’atul Khaeriyah Siwa, Kabupaten Wajo, Sulsel, Senin 18 April 2022.

Buang air merupakan salah satu kegiatan manusia sehari-hari. Mengenai ini, Islam telah mengajarkan umatnya adab-adab ketika buang air, dengan mencari tempat yang sepi dan jauh dari penglihatan orang. Karena, ketika Nabi Muhammad hendak buang air, beliau pergi hingga tidak dilihat siapapun.

Menurut Ramdanil Ambo Tuo bahwa salah satu penyebab masih adanya sisa-sisa hadats kecil seperti sisa air kencing di tubuh adalah proses buang air kecil atau besar yang tidak tuntas.

Hal ini disebabkan oleh posisi kencing yang tidak sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Dalam islam kencing sambil berdiri dilarang oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu, jangan anggap sepele hal tersebut, jika anda tak ingin wudhu anda bisa batal bahkan terjangkit penyakit.

Bahkan Ramdanil Ambo Tuo Memceritakan bahwa sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing maka bersihkanlah dirimu dari (percikan dan bekas) kencing.

Dalam hadis riwayat Ibnu Abbas ra., ia berkata : Rasulullah SAW pernah melewati dua buah kuburan, lalu beliau bersabda : Ingat, sesungguhnya dua mayit ini sedang disiksa, namun bukan karena dosa besar hal itu diceritakan Ramdanil Ambo Tuo.

Yang satu disiksa karena ia dahulu suka mengadu domba, sedang yang lainnya disiksa karena tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. Kemudian beliau meminta pelepah daun kurma dan dipotongnya menjadi dua.

Baca juga :  Al- Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tujuh Golongan Manusia yang Mendapat Naungan di Padang Mahsyar

Oleh : Asnawin Aminudin (Komisi Kominfo MUI Sulsel / Majelis Tabligh Muhammadiyah Sulsel) RASULULLAH sallallahu alaihi wasallam pernah ditanya, “Ya...

Selagi Masih Ada Waktu

Oleh : Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Seusai menunaikan ibadah salat, kita senantiasa beristigfar memohon ampun kepada Allah...

Setetes Air Mampu Tembus Karang

Oleh : Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Salah satu ungkapan yang sering disampaikan oleh banyak orang dalam melakukan...

Doa

Oleh : Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Inna li Allahi wa inna ilaihi rojiun, sebelumnya saya pribadi mengucapkan...