spot_img

Pemerintah Inggris dan Berdayabareng.com Gelar Lokakarya Keterampilan Digital Secara Tatap Muka

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Lokakarya Keterampilan Digital terdiri dari dua hari sesi tatap muka dan mengangkat tema “Pemberdayaan Perempuan dan Penyandang Disabilitas”, kini sedang berlangsung di Makassar, Gowa dan Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Program ini merupakan bagian dari paket dukungan Rp 2 milyar yang diberikan Pemerintah Inggris kepada sektor teknologi dan digital Indonesia, melalui Program Akses Digital. Proyek dengan Berdayabareng.com ini berjalan hingga September 2022.

Lokakarya telah diselenggarakan pada 9 dan 16 April 2022 bertempat di Four Point Sheraton Hotel Makassar. Sesi pertama dibuka oleh Ketua Tim Digital Kedutaan Besar Inggris Jakarta, Christopher Agass pada 9 April 2022 lalu.

Pandemi Covid-19 telah mempercepat laju transformasi digital. Kondisi ini telah membuka lebih banyak peluang bagi orang-orang melalui koneksi teknologi, namun pada saat yang sama, pandemi juga memperburuk risiko peningkatan ketidaksetaraan dan ketertinggalan bagi mereka yang tidak terhubung secara digital.

Di banyak negara, termasuk di Indonesia, ada tantangan signifikan seputar konektivitas internet dan tingkat keterampilan digital, terutama di bagian Indonesia timur. Sementara jumlah orang yang telah terhubung secara daring telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir di wilayah Jawa.

Penelitian terbaru yang didukung melalui Program Akses Digital Inggris bekerja sama dengan International Telecommunications Union (ITU) menyoroti, 20% sekolah di Indonesia masih belum terhubung dengan internet. Bahkan, di beberapa wilayah tertentu di Indonesia Timur mencapai di atas angka 50%.

Selain itu, kelompok marjinal mendominasi dalam populasi kesenjangan konektivitas ini yang secara tidak proporsional kebanyakan dialami oleh kelompok perempuan, penduduk di wilayah terpencil, dan masyarakat dengan pendidikan terbatas, serta tingkat literasi yang rendah. Faktor-faktor seperti lokasi, pendapatan, usia, jenis kelamin, etnis, dan disabilitas menjadi faktor signifikan untuk mengakses TIK dan internet.

Baca juga :  Mesra Dengan Presiden PKS, Annar Sampetoding Isyaratkan Maju di Pilgub 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...