spot_img

Dialog Ramadhan JAPPI : Investasi, Inflasi, Dan Regulasi; Posisi Sulawesi Selatan Dimana ?

Bagikan:

Tanggal:

Laporan : Rachim Kallo (Bagian Kedua — Selesai)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR.

Lanjutan Dialog Ramadhan dengan tema Investasi, Inflasi, Dan Regulasi, Posisi Sulawesi Selatan Dimana?, yang telah berlangsung Rabu, (20/04/2022) di Ball Room Masamba Hotel Aryaduta Makassar, diselenggarkan Yayasan JAPPI bekerjasama Balai Senator Ajiep Padindang.

Sebagai penyaji kedua, dari DPM-PTSP Kabupaten Gowa, disampaikan Irmawaty menjelaskan target investasi 796.496.940, realisasi 2.310.586.870 dengan prosentase 290,09%. Investor yang masuk banyak dari bidang industry (di Bontomarannu), perumahan di beberapa kecamatan. Karena di daerah pattalasang dijadikan sebagai Kota Baru, untuk perumahan subsidi.

(foto : ist)

Ketika ditanya bersoal kendala yang dihadapi saat ini, Irmawaty menyampaikan PP nomor 6 2021 tentang penyelenggara Perizinan Berusaha di Daerah tentang penggunaan aplikasi dengan koneksinya belum maksimal.

Dilanjutkan penyaji dari DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Selatan oleh Yessy Yohanna yang sore itu terlihat energik menjelaskan berbagai capain di dinas tempatnya bekerja. Namun yang menjadi fokus awak media kutip capaian investasi di Sulawesi Selatan.

Yessy membeberkan data, katanya, investasi di sulsel tahun 2021, sebesar 16,06 triliun terdiri dari penanaman modal dalam negeri 12,06 tiliun dan modal asing 4, triliun, sementara tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Tahun 2023 kami di target 23 triliun. Investasi ini mengambil konstribusi 43% dari pertumbuhan ekonomi di sulsel.

(foto : ist)

Dari ketiga penyaji di atas, Ajiep Padindang selaku moderator meminta tanggapan dari beberapa akademisi dan praktisi. Diantaranya Ismail Rasulong SE., M.Si (Akademisi – Unismuh), mengatakan regulasi menjadi mediator untuk menumbuhkan investasi. Kenapa di Sulsel tahun 2021 seperti yang disampaikan ketiga presentasi tadi investasinya melonjak karena banyaknya penyelesaian proyek-proyek di sulsel, itulah yang memicu angka-angka 16,06 triliun tercapai, seperti proyek-proyek yang tertunda, jalan tol dll.

Baca juga :  Baznas Makassar Gelar Raker, Ashar Tamanggong : Bersinergi Dengan Pemerintah Atasi Kemiskinan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

53 Dosen STIE AMKOP Ikut Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebanyak 53 dosen STIE AMKOP Makassar telah menjalani pelatihan Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Capaian...

Pj Bupati Enrekang Ajak Warga Tanam Pohon di Pinggir Sunga, Hutan dan Lahan Kritis

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi tingkat Kabupaten Enrekang yang dipusatkan di halaman kantor Badan Penanggulangan...

BPVP Pangkep Gandeng Diskop UKM Pinrang Adakan Pelatihan bagi UMKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melakukan kegiatan pelatihan bagi para pelaku...

Gelar Reuni Akbar Kolosal, Ribuan Alumni SMAKARA Angkatan 1954-2024 Akan Berkumpul di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni SMA Katolik Rajawali (IKA SMAKARA) Makassar kembali merencanakan menggelar hajatan reuni akbar yang...