spot_img

SD Inpres Banta-bantaeng I Adakan Pelatihan Menulis Kreatif

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR.

Rusdin Tompo dikenal sebagai penggiat literasi ditemani Syahril Rani Patakaki, penulis buku Sanja Mangkasara “Attayang Ri Masunggua”, melaksanakan Pelatihan Menulis Kreatif di SD Inpres Banta-bantaeng I, Rabu, (20/04/2022).

Kegiatan ini disambut baik, Kepala UPT SPF SD Inpres Banta-bantaeng, Hj Baena, S.Pd, M.Pd.

Sebagai fasilitator, Rusdin Tompo bertanya pada murid-murid yang terlihat begitu antusias mengikuti pelatihan menulis kreatif.

(foto : ist)

“Siapa yang ingin tulisannya menjadi buku, lalu bukunya ada di perpustakaan, dan dibaca banyak orang?”

Kompak anak-anak menjawab, “Sayaaaa.”

Murid-murid kelas 3-5 yang diajak tanya jawab oleh penulis dan editor puluhan buku itu, merupakan peserta Pelatihan Menulis Kreatif. Jumlah pesertanya lebih 30an anak, usia 9-11 tahun. Mereka terdiri dari anak laki-laki dan perempuan.

Rusdin Tompo melanjutkan, buku yang ditulis anak-anak, bukan saja disimpan di Perpustakaan Ceria, yang merupakan perpustakaan sekolah. Tapi juga di perpustakaan Kota Makassar, di Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, bahkan di Perpusnas RI. Kalau buku dibuat dalam bentuk buku digital (e-book), maka bisa dibaca orang di mana saja.

Begitulah cara penggiat Sekolah Ramah Anak, yang juga merupakan Koordinator Perkumpulan Penulis Satupena Sulawesi Selatan, itu memberi motivasi agar anak-anak mau menulis. Katanya, buku yang ditulis akan jadi ilmu yang bermanfaat, dan jadi ladang pahala bagi anak-anak sebagai penulisnya.

Sebagai fasilitator, dia juga ditemani oleh Syahril Rani Patakaki, penulis buku Sanja Mangkasara “Attayang Ri Masunggua”. Syahril yang juga merupakan pelatih teater, mengatakan bangga pada anak-anak yang percaya diri dan mau berbuat suatu kebaikan dalam bentuk tulisan.

Baca juga :  Gol-Gol Cantik Piala Dunia 2022 (11-Habis) : Gol Kelas Dunia Pemain Muda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Diusianya yang Ke-40, Sekolah Islam Athirah Kembangkan Konsep Education 5.0

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah genap berusia 40 tahun pada hari ini sejak dilaunching 24 April 1984...

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...