spot_img

Tingkatkan Kualitas Data Pemilih, Bawaslu Bantaeng Gelar Rapat Koordinasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BANTAENG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng menggelar rapat koordinasi validasi pelaporan hasil pengawasan pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) tahun 2022 di Kantor Bawaslu Bantaeng Jl. Ratulangi Lembang, Rabu 20 April 2022.

Bawaslu Bantaeng mengundang stakeholder dalam rapat tersebut, yakni KPU Bantaeng, Disdukcapil Bantaeng, Polres Bantaeng, Kodim 1410 Bantaeng, dan Apdesi Kabupaten Bantaeng.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Koordinator Divisi Pengawasan Amrayadi, SH, MH.

Amrayadi menyampaikan beberapa hal yang mesti dilakukan dalam meningkatkan kualitas daftar pemilih berkelanjutan (DPB).

“Hal yang pertama yang perlu dilakukan, yaitu konsolidasi data dengan berbagai pihak, kemudian dari sisi hukum, sebab sampai saat ini Bawaslu belum memiliki Perbawaslu tentang pengawasan DPB, sehingga sampai saat ini dalam melakukan pengawasan DPB masih berpedoman pada Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021,” papar Amrayadi.

Lebih lanjut kata dia, hal lain yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas DPB adalah dari sisi teknis penyusunan daftar pemilih seperti melakukan verifikasi faktual.

‚ÄúVerifikasi faktual untuk pemilih TMS penting dilakukan guna memastikan kebenaran data tersebut di lapangan,” katanya.

Tak hanya itu Amrayadi juga menyampaikan dalam meningkatkan kualitas DPB, harus terjalin koordinasi dan kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan KPU. Hal ini menurutnya agar memudahkan saat melakukan pengawasan Data Pemilih, dan mengacu pada prinsip mutakhir, akurat, dan komprehensif.

Dalam kesempatan itu, Anggota KPU Bantaeng, Kasmawati menjelaskan, KPU melakukan pemutakhiran DPB berdasarkan PKPU 6 Tahun 2021 sebagai dasar dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkenjutan.

Baca juga :  Sasar 8 Prioritas Pelanggaran Berlalulintas, Wakapolres Sematkan Pita Operasi Patuh Pallawa di Toraja Utara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Ketua Apdesi Wajo Adakan Pertemuan dengan Ketua LSM Lidik Pro Wajo

PEDOMANRAKYAT, WAJO - Ketua Lembaga Lidik Pro Kabupaten Wajo Ir.Nasir Rahim mengadakan pertemuan dengan ketua Apdesi Wajo Andi...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...