spot_img

Budayakan Siswa Membaca Buku, Guru Harus Beri Contoh Rajin ke Perpustakaan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Hidup manusia modern tak bisa dipisahkan dengan informasi. Informasi diperoleh dari buku-buku, lewat perpustakaan otomasi dan digital.

“Perpustakaan wajib hadir memenuhi kebutuhan informasi manusia, karena menimbulkan rasa cinta membaca, memperluas, memperdalam penguasaan ilmu pengetahuan, kemampuan belajar, kemampuan bahasa, dan daya pikir,” ujar Bachtiar Adnan Kusuma, Tokoh Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI ketika menjadi instruktur tamu Kelas Menulis Daring (KMD) elipsis melalui kanal Zoom Cloud Meeting, Jumat (22/4/2022).

Pentingnya peran perpustakaan itu, kata Bachtiar, maka sekolah-sekolah harus menjadi pusat gerakan literasi yang mampu menumbuhkan semangat membaca dan menulis di kalangan siswa.

Pernyataan Bachtiar itu sekaligus menjawab keresahan salah seorang guru yang juga peserta KMD elipsis asal Solok Selatan, Dian Sarmita, yang mengatakan bahwa dirinya sebagai guru sangat susah mengajak siswa membaca buku, apalagi menulis karangan.

“Anak-anak lebih asyik dengan dunianya sendiri, berjarak dengan buku, dan lebih akrab dengan gawai,” ungkap Dian Sarmita.

Keluhan Dian Sarmita setidaknya mewakili guru-guru lainnya di Indonesia yang menghadapi kondisi sama ketika berhadapan dengan siswa yang enggan membaca buku.

“Masalah itu dapat diurai jika sekolah lebih kreatif membentuk ekosistem sekolah literat yang di dalamnya memberdayakan potensi siswa dan perpustakaan untuk menjadi garda terdepan membangun gerakan literasi,” kata Bachtiar.

Ia pun berharap kepada guru untuk menjadi teladan bagi siswa agar suka membaca buku. Artinya, guru memberi contoh sebagai pembaca buku yang baik, selalu mengunjungi perpustakaan, senang membawa buku ke mana saja, juga guru menulis buku.

Baca juga :  Prodi Fisioterapi STIKES Panrita Husada Bulukumba, Pertama Di LLDIKTI IX Sultanbatar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dilalap Sijago Merah Toko Aksesoris Mobil di Luwu Utara

PEDOMANRAKYAT, SULSEL - Kebakaran melanda sebuah toko aksesoris mobil di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Kabupaten...

Sembilan Jaya Serahkan Batuan Ke Posko Bencana Longsor Palangka

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Toko Sembilan Jaya Makale, Kamis (18/4) serahkan bantuan pangan di posko bencana Palangka, Makale. Bantuan Sembilan Jaya...

Dua Korban Longsor di Palangka Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Dua korban longsor di Palangka ibu dan anak Sofia (23) dan Gea (3) hari kedua pencarian,...

Langkah PKB Tepat Usung Appi, Calon Kuat di Pilwakot Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Menuju tahapan Pilwalkot Makassar yang akan di helat November 2024 mendatang, sejauh ini baru PKB...