spot_img

Diduga Sarana Pendidikan Dikerja Asal Jadi

Bagikan:

Tanggal:

Setelah itu, pihak kepala sekolah terbuka pada kami bahwa pelaksana fisik sekolah adalah salah seorang yang diarahkan dari Dinas yang diperjelas melalui pesan singkat dari pihak sekolah via telpon seluler (SMS).

Dalam hal ini Satker OPD Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, dan bahkan ia menjelaskan kalau hampir seluruh sekolah yang dapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020 dikerjakan oleh orang yang diarahkan dari Dinas Pendidikan.

“Itulah Pak yang namanya risiko jabatan, kami hanya bisa menerima kebijakan dari Pimpinan,” tegasnya kepala sekolah yang bersangkutan.

Survei selanjutnya selain bangunan sekolah tahun anggaran 2020, juga bangunan sekolah tahun 2021, yakni menyoroti struktur bangunan yang kondisinya memprihatinkan yang diduga tidak dikerjakan sesuai spesifikasi teknis atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada pekerjaan yang dikontrakkan oleh Penyedia Jasa Konstruksi.

Dicontokan, pekerjaan kuseng, yang diduga ada pergantian bahan kayu kuseng baru, tetapi justru kuseng lama dipoles kemudian dipasang kembali.

Begitu juga dinding tembok, seharusnya dilakukan pengupasan plesteran lama, tetapi hanya dengan melapisi flamur sehingga sepintas dinding tembok tersebut terlihat baru.

Mengutip sumber yang tak disebutkan, Lidik Pro mengatakan, pengelolaan proyek di Satker OPD Dinas Pendidikan sangat meragukan.

Pada akhir-akhir tahun anggaran atau bulan Desember 2020 pada bagian administrasi diragukan masih membuat berkas Kontrak Kegiatan Proyek seperti Surat Perintah Kerja (SPK).

Dengan demikian, lanjut Nasir, mustahil pekerjaan fisik dapat diselesaikan.

“Jika ada upaya membuat administrasi berlaku surut, maka dapat diragukan adanya kegiatan fiktif,” ungkap Nasir.

Baca juga :  Jelang HUT Ke-66, Kodam XIV/Hasanuddin Sumbang 1550 Kantong Darah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...