spot_img

Iktikaf, Upaya Meraih Rahmat Dari Allah SWT

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Kontemplasi atau tahannust, adalah upaya merenungi dan berpikir dengan penuh perhatian atas sesuatu yang dihadapi. Tahannust, merupakan suatu upaya yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW sebelum menerima wahyu pertama dari Allah SWT.

Tahannust dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagai upaya merenungi nasib masyarakatnya saat itu, yang dianggap tidak sejalan dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh Bapak para Nabi, Nabi Ibrahim AS.

Mungkin tidak berlebihan jika kontemplasi atau tahannust hari ini identik dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pada sepuluh terakhir dalam Bulan suci Ramadan yakni i’tikaf. Dalam suatu riwayat yang diriwayatkan oleh Buchori dan Muslim, Aisyah salah seorang isteri Rasulullah SAW menjelaskan, “Rasulullah SAW melaksanakan iktikaf setelah tanggal 20 Ramadan hingga beliau wafat.”

Mengutip pendapat Muhammad Zakaria Kandahlawi, Azyumardi Azra menjelaskan, “Iktikaf merupakan upaya berdiam diri di dalam tempat ibadah, atau mengasingkan diri dengan tujuan ibadah, meditasi, atau menenangkan pikiran, tidak hanya dianjurkan bagi umat Islam saja. Agama-agama samawi seperti Yahudi dan Nasrani pun pernah melakukan ritual tersebut.”

Bagi umat Islam, kontemplasi atau iktikaf merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT yang dapat dilakukan kapan saja. Adapun amalan yang dilakukan selama beritikaf adalah melaksanakan salat, berdzikir kepada Allah SWT serta memperbanyak membaca ayat suci Alquran.

Iktikaf yang dilakukan oleh kaum Muslimin pada sepuluh malam terakhir dari Bulan suci Ramadan, setidaknya memiliki orientasi: 1.Upaya meraih malam yang penuh kemuliaan dan memiliki keutamaan yang lebih baik dari seribu bulan atau juga dikenal dengan malam lailatul qadr;

Baca juga :  Di HUT Ke-353 Sulsel, Kota Makassar Terima Penghargaan Melalui Inovasi POSE

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

146 Napi di Sinjai Terima Remisi, Pj. Bupati Sampaikan Pesan Motivasi

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) remisi kepada warga...

Pj Bupati Enrekang dan Masyarakat Sambut Idul Fitri Dengan Penuh Hikmah

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, bersama Pj Ketua TP-PKK Hj. Siti Rabiah Baba, melaksanakan...

Penuh Khidmat, Sekda Sinjai Adakan Halal Bi Halal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H bersama Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di...