spot_img

Bohong Sebagai Hobi (?)

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Dalam kitab Bulugh al- Maram hadis nomor 1513, Rasulullah SAW bersabda “Ciri orang munafik ada tiga; Jika ia berkata, ia berdusta, jika ia berjanji, ia abaikan janji yang telah diucapkannya, dan jika ia diberi amanah, ia mengingkari amanah yang telah dipercayakan kepadanya. Muttafaq Alaihi.”

Dusta, sebagaimana yang ditulis oleh Muhammad Iqbal, ialah ketika seseorang menyampaikan suatu berita yang sesungguhnya berita tersebut tidak ada, atau memoles berita yang tidak sesuai dengan kejadian dan keadaan yang sebenarnya.

Dusta merupakan salah satu penyakit hati yang dapat menyerang siapa saja. Bahkan, dusta kadang sudah menjadi hobi bagi sebagian manusia. Anehnya, manusia masih menaruh kepercayaan kepada seseorang yang gemar berdusta.

Dusta merupakan induk segala dosa, Alquran sendiri mengungkapkap kurang lebih 266 kali tentang dusta yang tersebar dalam berbagai surah dan ayat.

Muhammad Iqbal, menulis tiga cara yang digunakan oleh seseorang untuk berdusta dan upaya mempertahankan kedustaan mereka.

Pertama, angan- angan. Mereka yang senantiasa berdusta, senantiasa dibuai dengan angan-angan bahwa perbuatan yang mereka lakukan tersebut tidak salah. Orang tersebut menganggap bahwa perbuatan dusta yang ia lakukan merupakan hal yang biasa, dan menganggapnya sebagai suatu kebenaran.

Alquran surat al- Kahfi ayat 103- 104, Allah SWT berfirman, “Katakanlah : Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat sebaik- baiknya.”

Baca juga :  Kebakaran di Jalan Pandang, Gubernur Kirim Bantuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

146 Napi di Sinjai Terima Remisi, Pj. Bupati Sampaikan Pesan Motivasi

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) remisi kepada warga...

Pj Bupati Enrekang dan Masyarakat Sambut Idul Fitri Dengan Penuh Hikmah

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, bersama Pj Ketua TP-PKK Hj. Siti Rabiah Baba, melaksanakan...

Penuh Khidmat, Sekda Sinjai Adakan Halal Bi Halal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1445 H bersama Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di...