spot_img

Hari Otda ke- XXVI, Wali Kota: Dibutuhkan Kemampuan Daerah Beradaptasi

Bagikan:

Tanggal:

PPEDOMANRAKYAT.MAKASSAR–Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto bersama Wakilnya, Fatmawati Rusdi mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke – XXVI yang digelar Kemendagri secara virtual di Kantor Balaikota. Senin (25/4/2022).

Kegiatan diikuti seluruh kepala daerah di Indonesia mulai dari Gubernur, Bupati, Wali kota, bahkan diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik tingkat Provinsi, maupun Kabupaten/ Kota.

Peringatan hari Otoda tahun ini, Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Menurut Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro yang mewakili Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyebutkan, secara filosofi tujuan otonomi daerah, mendelegasikan sebagian kewenangan, urusan pemerintahan kepada daerah.

“Sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk memacu percepatan dan pemerataan pembangunan di daerahnya,”ucap Suhajar.

Sementara itu Wali Kota, Danny Pomanto menjelaskan peringatan hari jadi otonomi daerah tahun ini adalah hari dimana pemerintah dari seluruh wilayah Indonesia, memperingati 26 tahun pelaksanaan otonomi pemerintahan daerah dari pemerintah pusat.

Menurutnya, walaupun otonomi sekarang ini punya kekhasan tersendiri, sehingga sangat dibutuhkan kemampuan masing -masing daerah untuk tetap beradaptasi.

“Walaupun kita otonomi, sistem itu satu data, satu karena peraturan, satu secara bertingkat, sehingga efektifitas otonomi daerah itu lebih terintegrasi sehingga terjadi kolaborasi dengan baik,” jelasnya.

Baca juga :  UMI Pameran Inovasi, Fokus Hilirisasi Produk dan Karya Mahasiswa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Gelar Halal Bihalal di Hotel Aerotel Smile

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Badan Pimpinan Cabang (BPC) Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kota Makassar menggelar halal bihalal...

PSBM Ke 24: Membangun Solidaritas dan Kolaborasi Antar Pilar dan Saudagar Bugis Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan menjadi saksi bergulirnya momen bersejarah dalam perhelatan WELCOME DINNER PERTEMUAN...

KKP Menggelar Halalbihalal, Dr H Mukhtar Tahir : Orang Pinrang itu Diasporanya Sangat Luar Biasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR Kerukunan Keluarga Pinrang (KKP) menggelar Halalbihalal dengan mengusung tema 'Melalui Halalbihalal Kita Pererat Ukhuwah dan Kebersamaan...