spot_img

Dialog Zakat,Infaq dan Shadaqah BAZNAS di Semarak Bazaar Ramadhan IMMIM

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MAKASSAR—-Berlangsung dialog Zakat Infaq dan Shadaqah BAZNAS Sulsel bersama Ustadz di Acara Semarak Bazaar Ramadhan IMMIM, Selasa (26/4).

Hadir Dr.M.Ishaq Samad, MA, Bidang Pendisribusian BAZNAS Sulsel dan tim serta ustaz Dr.Husein Surujin,M.A (Mubalig IMMIM).

M.Ishaq Samad menyampaikan pentingnya menunaikan Zakat Infaq dan Sadaqah sebagai kewajiban muslim yang setara dengan ibadah shalat, sebab Allah berfirman Aqiymus shalaat Waatuz zakaat (dirikan shalat dan tunaikan zakat), keduanya harus seiring sejalan, jelasnya.

Dr.H.Husain Surujin menjelaskan Zakat terbagi dua, zakat fitrah dan zakat harta. Zakat harta ditunaikan dengan syarat memenuhi nisab 85 gr emas, dan memenuhi haul 1 tahun, kemudian dikeluarkan 2,5%. Sedangkan infaq dan shadaqah sesuai dengan keikhlasan masing-masing.

Demikian pula zakat pendapatan dan jasa, misalnya seorang dokter, pengacara, dll, jika penghasilannya memenuhi nisab dan haul, maka mereka wajib mengeluarkan zakat profesinya sebanyak 2,5%, jelasnya.

Sementara itu Tim Distribusi BAZNAS Sulsel, Nuraeni Hutajulu menjelaskan sejumlah program pendisribusian BAZNAS Sulsel kepada Mustahik, antara lain kerjasama dengan Kodam XIV Hasanuddin.

Demikian pula pendistribusian ke Mustahik di Kabupaten Kota di Sulsel kerjasama BAZNAS Kabupaten/Kota, sebutnya.

Selanjutnya Zulfikar yang juga staf Baznas Sulsel menyampaikan cara menyalurkan ZIS bisa secara digital melalui aplikasi Mobile Bangking Bank Sulselbar atau langsung scan Barcode QRIS di panflet yang ditempelkan di sekitar masjid IMMIM.

Dalam kesempatan tersebut Tim Baznas Sulsel juga menyerahkan bantuan kepada anak-anak Yatim Piatu yang menjadi mitra IMMIM dalam Bazaar Ramadhan. (*).

Baca juga :  Mahasiswa UMI Raih Medali Emas di Kompetisi Penelitian Internasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Gelar Halal Bihalal di Hotel Aerotel Smile

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Badan Pimpinan Cabang (BPC) Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kota Makassar menggelar halal bihalal...

PSBM Ke 24: Membangun Solidaritas dan Kolaborasi Antar Pilar dan Saudagar Bugis Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan menjadi saksi bergulirnya momen bersejarah dalam perhelatan WELCOME DINNER PERTEMUAN...

KKP Menggelar Halalbihalal, Dr H Mukhtar Tahir : Orang Pinrang itu Diasporanya Sangat Luar Biasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR Kerukunan Keluarga Pinrang (KKP) menggelar Halalbihalal dengan mengusung tema 'Melalui Halalbihalal Kita Pererat Ukhuwah dan Kebersamaan...