spot_img

Ismail Bachtiar Silaturahmi Tokoh Masyarakat, BAK Dorong Kembalinya Kejayaan Literasi Budaya Barru

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BARRU – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Ismail Bachtiar, menggelar silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Barru, Senin (25/4/2022), di Youtefa Hotel, Barru.

Sebelumnya, Ismail Bachtiar menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Wajo, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Ismail Bachtiar menekankan perlunya memperkuat pendidikan literasi dan kebudayaan yang berkualitas. Sebab, dapat meningkatkan indeks literasi Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saya berharap dengan silaturahmi bersama tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, kaum milenial, pengurus OSIS, majelis taklim dan pengawas bisa bertukar pikiran dan saling memperkuat semangat untuk memajukan pendidikan literasi dan kebudayaan, khususnya di Kabupaten Barru dan Sulsel pada umumnya,” katanya.

Sementara Tokoh Literasi Penerima penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma (BAK), menjadi narasumber bersama Achmad, pegiat literasi Kabupaten Barru.

Bachtiar kembali menggugat perlunya buday membaca dan menulis menjadi gaya hidup masyarakat.

Karena hanya dengan budaya membaca yang tinggi dan tumbuh berkembang dengan baik yang bisa menjadikan masyarakat lebih berdaya.

Ketua DPD LPM Provinsi Sulawesi Selatan ini menegaskan, dengan budaya membaca yang tinggi, otomatis bisa mendongkrak indeks literasi membaca di Sulsel.

“Kalau indeks literasi membaca tumbuh baik, otomatis meningkatkan kualitas pendidikan kita di Sulsel,” jelasnya.

Menurut Bachtiar, Kabupaten Barru dikenal memiliki literasi kebudayaan yang tinggi. Di Barru dikenal salah seorang seniman, budayawan, penulis, penyunting terkemuka Colliq Pujie, putri dari La Rumpang.

Raja Kerajaan Tanete yeng menyerahkan urusan kerajaan kepada putrinya akibat intimidasi Belanda. Kegiatan Kerajaan Tanete nyaris berada di tangan Colliq Pujie.

Baca juga :  Realisasi APBN KPPN Sinjai Triwulan I Lampaui Target Nasional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Meninjau Objek Wisata Tilangnga Kolam Purba

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau objek wisata Tilangnga...

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...