spot_img

Jamin Pemudik Selamat, BNN RI Gelar Tes Urine Serempak

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Setelah dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia, masyarakat kini akhirnya bisa merasakan kembali mudik ke kampung halamannya. Untuk memberikan kenyamanan dan menjamin keselamatan masyarakat, pemerintah melakukan sejumlah persiapan matang agar perjalanan mudik berlangsung lancar dan aman.

Sebagai ujung tombak penanggulangan narkoba, BNN RI ikut ambil bagian dalam rangka menjaga perjalanan mudik tetap aman dan Bersinar (bersih narkoba). BNN RI bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, dan Polri untuk melaksanakan deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran narkoba, melalui pemeriksaan kesehatan dan urine, di seluruh Indonesia.

Ditemui usai melakukan pemantauan pelaksanaan tes urine di Terminal Pulo Gebang, Direktur Peran Serta Masyarakat Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI, Drs. Richard Nainggolan, MM, MBA menyampaikan, tujuan kegiatan tes urine adalah untuk memastikan operator atau awak pengemudi aman dari penyalahgunaan obat-obat terlarang dan narkoba. Ketika para pengemudi aman dari pengaruh narkoba, maka masyarakat setidaknya mendapatkan jaminan keamanan dan keselamatan.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN RI, hingga Rabu, 27 April 2022, tes urine telah dilaksanakan di seluruh BNNP di Indonesia. Terhitung ada 1.054 orang pengemudi yang telah menjalani tes urine dan 3 diantaranya dinyatakan positif, di daerah Lampung. Sementara itu, jumlah pengemudi yang menjalani tes urine di seluruh BNNK sebanyak 583 orang, dan 7 orang diantaranya positif narkoba.

Pada pekan ini, mulai tanggal 26-28 April khususnya di wilayah Jakarta, BNN RI melaksanakan tes urine di empat terminal yaitu Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, dan Kalideres. Pada masing-masing terminal, BNN RI menargetkan 300 orang untuk menjalani tes urine.

Baca juga :  Untuk Pertolongan Pertama Atasi Kebakaran, Pemkot Makassar Hadirkan Damtor di 53 Kelurahan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...