spot_img

Menteri Sandi Umumkan 50 Besar ADWI 2022, Sulsel Terbanyak

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT – Makassar.

Teka-teki desa wisata yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2022) akhirnya terjawab sebagaimana diumumkan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,

Sejumlah 4 desa wisata asal Sulsel berhasil lolos dalam pemeringkatan terakhir, terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti ajang ini. Hanya Jawa Timur yang menyamai perolehan Sulsel.

Keempat desa wisata Sulsel yang lolos yaitu Desa Wisata Matano Iniaku (Luwu Timur), Desa Wisata Barania (Sinjai), Desa Wisata Kambo (Palopo), dan Desa Wisata Campaga (Bantaeng).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Prof Muhammad Jufri mengaku tak kuasa menahan kegembiraannya atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah, ini kabar gembira yang sungguh patut disyukuri. Apalagi Sulsel kembali tampil sebagai yang terbanyak di fase 50 besar ini,” katanya usai menonton pengumuman Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno via channel youtube, Rabu, 27 April 2022.

Setelah penetapan 50 besar ini, usai lebaran Sandiaga Uno akan melakukan visitasi ke seluruh desa wisata yang sudah ditetapkan masuk dalam 50 besar.

Kunjungan bersama tim juri ADWI 2022 nanti akan melakukan penilaian untuk selanjutnya menetapkan pemenang pada tujuh kategori penilaian.

Ketujuh kategori tersebut yakni aspek daya tarik wisata, aspek CHSE, konten digital dan kreatif, toilet umum, homestay, souvenir, dan kelembagaan.

“Tujuh kriteria itu akan dinilai langsung oleh tim juri serta pengamatan di lapangan oleh menteri. Jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola,” jelas Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel, Bruno S. Rantetana.

Baca juga :  Caleg PKB Andi Imario Paruwusi Lolos Anggota DPRD Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Pimpin Langsung Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten...

Kejaksaan Negeri Enrekang Lakukan Pelimpahan Perkara Tahap II Atas Kasus Kekerasan Seksual

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kejaksaan Negeri Enrekang menggelar press release di Kantor Kejaksaan Negeri Enrekang terkait Pelimpahan Perkara (Tahap...

Pj Bupati Dr. H Baba Resmi Lepas Kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang Untuk MTQ Provinsi Sulsel ke-33

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, secara resmi melepas kontingen Kafilah Kabupaten Enrekang, di Ruang...

AKP Sukri Lepas Jabatannya, Kapolres Pinrang Ambil Alih Tugas sebagai Kapolsek

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Kapolres Pinrang, AKBP Andiko Wicaksono memimpin langsung kegiatan penyerahan dan pelepasan jabatan Kepala Kepolisian Sektor...