spot_img

Menteri Sandi Umumkan 50 Besar ADWI 2022, Sulsel Terbanyak

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT – Makassar.

Teka-teki desa wisata yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2022) akhirnya terjawab sebagaimana diumumkan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,

Sejumlah 4 desa wisata asal Sulsel berhasil lolos dalam pemeringkatan terakhir, terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti ajang ini. Hanya Jawa Timur yang menyamai perolehan Sulsel.

Keempat desa wisata Sulsel yang lolos yaitu Desa Wisata Matano Iniaku (Luwu Timur), Desa Wisata Barania (Sinjai), Desa Wisata Kambo (Palopo), dan Desa Wisata Campaga (Bantaeng).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Prof Muhammad Jufri mengaku tak kuasa menahan kegembiraannya atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah, ini kabar gembira yang sungguh patut disyukuri. Apalagi Sulsel kembali tampil sebagai yang terbanyak di fase 50 besar ini,” katanya usai menonton pengumuman Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno via channel youtube, Rabu, 27 April 2022.

Setelah penetapan 50 besar ini, usai lebaran Sandiaga Uno akan melakukan visitasi ke seluruh desa wisata yang sudah ditetapkan masuk dalam 50 besar.

Kunjungan bersama tim juri ADWI 2022 nanti akan melakukan penilaian untuk selanjutnya menetapkan pemenang pada tujuh kategori penilaian.

Ketujuh kategori tersebut yakni aspek daya tarik wisata, aspek CHSE, konten digital dan kreatif, toilet umum, homestay, souvenir, dan kelembagaan.

“Tujuh kriteria itu akan dinilai langsung oleh tim juri serta pengamatan di lapangan oleh menteri. Jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola,” jelas Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel, Bruno S. Rantetana.

Baca juga :  SD dan SMP di Sinjai Mulai Adakan Ujian Sekolah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Kemenag: Keberangkatan Haji Harus Gunakan Visa Haji, Jangan Tertipu Tawaran Visa Lainnya

PEDOMANRAKYAT, JEDDAH -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief menegaskan bahwa hanya visa haji yang...