spot_img
spot_img
spot_img

Shalat di Masjid Tertinggi di Manado

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.MANADO—Masjid Nurul Hijrah kecil saja. Ukurannya hanya 10 x 15 m dan dibangun dua lantai. Meski demikian, rumah ibadah itu tertinggi di Manado. Masjid tersebut berada di atas puncak gugusan pegunungan Wenang. Hanya sekitar 600 m dari Kantor Walikota kalau ditarik garis lurus.

Suasana Manado di waktu malam. Gambar dijepret dari Masjid Nurul Hijrah. (foto:pedomanrakyat.co.id)

Tidak ada yang pernah ukur berapa tinggi gunung itu dari permukaan laut. Tapi kalau kita berdiri di pelataran masjid, Masjid Raya Ahmad Yani dengan menara sekitar 30 m, seakan rata dengan tanah dilihat dari Masjid Nurul Hijrah, maksudnya tanah di kaki gunung Wenang. Begitupun dengan hotel bintang lima di sekitar pantai.

Semuanya kalah tinggi. Naik ke puncak jalannya beraspal mulus. Namun pengendara harus super waspada. Sisi kiri jurang dalam.

Mendekati puncak jalan sempit walau di sisi kiri kanan rumah penduduk. Di puncak itu pula ada gedung tua yang tidak terawat, bekas kantor pemerintah untuk pendidikan Pancasila (BP7).

Di kaki gunung sebelah utara ada terminal angkutan darat. Di depan ( barat ) Jln. Martadina yang juga jadi pusat bisnis. Selatan pusat kota dimana walikota berkantor. Maka jadilah gunung itu sebagai jantung kota Manado.

Saya dua kali tarawih di masjid itu, malam ke-26 dan 28. Tarawihnya 20 rakaat, dipimpin.Sismono dan dua naib yang siap maju kalau sang imam lelah.

Seperti juga di masjid- masjid yang dikelola NU lainnya, zikir, salawat dan wirid sesudah azan amat panjang.

Baca juga :  Pesta Miras Berujung Penikaman, Pelaku Menyerahkan Diri ke Kantor Polsek Belang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kajari Minahasa Beri Penghargaan Kepada Ketua DPD INAKOR Minahasa Saat Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia

PEDOMANRAKYAT, MINAHASA - Dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2023 Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa gelar rangkaian kegiatan. Hakordia...

Kepsek SMA Negeri 1 Manado Diduga Usir Murid Keluar Kelas, Pusung : Tidak Sejalan Visi Misi Gubernur

PEDOMANRAKYAT, MANADO - Kasus pengusiran siswa oleh Kepsek SMAN 1 Manado menuai kecaman dari Ketua LPK RI Manado...

Toko BD Motor Manado Diduga Rugikan Konsumen, Pusung : Akan Kita Telusuri

PEDOMANRAKYAT, MANADO - Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia Sulawesi Utara (LPK-RI Sulut) kembali mendapat pengaduan dari masyarakat terkait...

Masyarakat Desa Tateli Weru Kesulitan Air Bersih, DPD INAKOR Minahasa dan LPK-RI Sulut Pertanyakan Dana Desa

PEDOMANRAKYAT, MINAHASA -Berdasarkan aduan masyarakat, DPD INAKOR Minahasa dan LPK-RI Sulut melakukan investigasi lanjutan ke Desa Tateli Weru,...