spot_img

Menakar Manfaat Ramadan Untuk 11 Bulan Ke Depan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Setiap menjelang Ramadan, umat Islam di seluruh dunia antusias dan sangat bergembira menyambut bulan yang penuh kemuliaan tersebut. Dengan wajah berseri-seri, setiap Muslim mengucapkan, Marhaban Ya Ramadan. Bahkan tulisan tentang ucapan selamat datang tersebut terpajang di hampir setiap sudut jalan protokol di negara berpenduduk mayoritas Muslim ini.

Agaknya, menurut Agus Mustafa, kegembiraan tersebut disebabkan oleh pengetahuan mereka bahwa Ramadan adalah bulan yang banyak membawa berkah dan manfaat buat kehidupan manusia. Manfaat dan berkah yang tidak didapatkan di luar bulan suci Ramadn.

Setidaknya ada empat manfaat yang diperoleh umat Islam selama bulan suci Ramadan. Yaitu, manfaat yang bersifat lahiriah berupa kesehatan, dan ketajaman serta kejernihan berfikir. Manfaat kebatinan yang bersifat meneguhkan keyakinan dan pengendalian diri dalam mengarungi kehidupan.

Ada pula manfaat sosial, yang berfungsi membangun kembali sendi-sendi kehidupan sosial agar diperoleh format kehidupan kolektif yang adil dan sejahtera. Serta manfaat spiritual berkaitan dengan kedekatan kepada Allah SWT. Sang Pencipta, sebagai puncak dan tujuan hidup setiap Muslimin dan Muslimat.

Pada bulan suci Ramadan, pengajian diselenggarakan di berbagai tempat, baik di lingkungan kantor maupun maupun hotel-hotel berbintang. Tak ketinggalan, acara televisi dan radio juga menyajikan siaran dan bimbingan keagamaan secara optimal. Itu semua telah berlangsung belasan dan puluhan tahun, tulis Qomaruddin Hidayat.

Tetapi, lanjut Qomaruddin, mengapa berbagai ajaran luhur dan norma-norma keagamaan yang agung dan mulia tidak tercermin dalam perilaku politik, ekonomi, dan etika sosial sehari-hari yang pada gilirannya membuat kita terjerembab dalam krisis sosial yang sangat memalukan dan memilukan ini?

Baca juga :  Lembaga Dakwah Al Islah dan Pegadaian Gelar Muzakarah

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Meninjau Objek Wisata Tilangnga Kolam Purba

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau objek wisata Tilangnga...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....