spot_img

Di Atas Langit Masih Ada Langit

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Salah seorang ulama yang mengaku memiliki pemahaman keagamaan mumpuni mendatangi daerah tempat Abu Nawas tinggal. Masyarakat terpukau dengan ucapan dan penyampaian sang alim tersebut dari atas mimbar. Bagaimana tidak, setiap ucapannya disertai dalil naqly yang mampu menghipnotis setiap orang yang mendengarnya.

Sekalipun sang alim mampu menghipnotis para pendengarnya, tidak demikian halnya dengan Abu  Nawas. Abu Nawas justeru merasakan sesuatu yang ganjil pada diri sang alim.

Pada suatu pengajian, sang alim mempersilakan kepada jamaah mengajukan pertanyaan terkait isi ceramah yang telah disampaikan, atau hal lain yang berhubungan dengan masalah keagamaan. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Abu Nawas. Dalam hati Abu Nawas berkata, “Tiba saatnya untuk menguji keilmuan sang alim.”

Abu Nawas mengangkat tangan dan mengajukan pertanyaan, “Mohon maaf sebelumnya, menurut anda sesungguhnya semut yang ada dalam Alquran surat al-Naml, apakah yang dimaksud semut betina atau jantan?”

Mendengar pertanyaan Abu Nawas, sang alim terdiam dan tidak mampu berkata-kata.

Selanjutnya Abu Nawas berkata, “Anda pernah membahas surat al-Muthafifin, tolong jelaskan makna sijjin dan illiyin.”

Sekali lagi sang alim tidak dapat menjawab pertanyaan Abu Nawas. Jamaah yang hadir di tempat tersebut merasa kagum terhadap Abu Nawas, karena mampu mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh sang alim.

Setelah pengajian selesai dan jamaah hendak pulang ke rumah masing- masing, di luar masjid ada jamaah yang penasaran terhadap pertanyaan yang baru saja diajukan oleh Abu Nawas.

Baca juga :  Pulihkan Gurita di Selayar, Yayasan Lini Bali Kerjasama Pemdes Kahu-Kahu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Andi Elsa Fadhilah Sakti Doktor Termuda Unhas

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR -- Andi Elsa Fadhilah Sakti dipastikan sebagai doktor termuda yang dihasilkan Universitas Hasanuddin (Unhas) selama...