spot_img

Darwis Juga Manusia Biasa

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Dalam setiap berdoa, kita senantiasa memohon kepada Allah SWT diberikan harta dan rezeki yang berkah, agar senantiasa jiwa kita dijaga dan dipelihara dari perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Apalagi jika perbuatan tersebut dilarang oleh Allah SWT.

Ketika rezeki yang kita peroleh diberkahi oleh Allah SWT, lalu kita sedekahkan dan kita infaqkan di jalan yang Allah ridai, maka insya Allah rezeki tersebut bakal melimpah dan tidak pernah habis.

Berikut ini ada satu kisah sufi tentang seorang kaya yang dermawan dan semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, khususnya diri saya pribadi.

Abdul Malik adalah salah seorang pedagang kaya dari Khurasan yang dikenal sangat dermawan. Hartanya banyak digunakan untuk bersedekah dan memberi makan orang-orang miskin.

Suatu hari, hatinya bergejolak dan merasakan bahwa selama ini harta yang diberikan kepada orang lain hanya sebagian kecil dari yang dia miliki. Hatinya bergejolak ketika ia merasakan berbagai kenikmatan, kesenangan, dan kebahagiaan, sementara di sekitarnya masih banyak saudara, tetangga yang hidup dalam keadaan yang cukup memprihatinkan.

Berangkat dari perasaan tersebut, ia memutuskan menyerahkan seluruh harta yang dimilikinya untuk kebaikan manusia.

Setelah hartanya diserahkan secara bertahap, tidak lama kemudian ia kehabisan harta, Abdul Malik pasrah dengan keadaan yang dialaminya setelah melakukan tindakan yang membuat hatinya bergejolak. Namun, suatu kejadian misterius terjadi pada dirinya saat ia berdoa, seorang lelaki nampak secara perlahan di hadapannya, berpakaian compang-camping seperti seorang darwis yang misterius.

Baca juga :  Piala Eropa 2024: Ukraina Ramaikan Perebutan Tiket ke Babak 16 Besar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...