spot_img

Selama 2 Hari, Pengunjung Toraja Carnaval di WRB Capai 5.435 Orang

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKALE – Hari pertama penyelenggaraan Toraja Carnaval yang digagas legislator Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan (JRM), Kamis (19/05/2022) di kawasan Wisata Religi Burake (WRB) dibuka Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Dr. H. Tau Toto Tanaranggina, dengan dijubeli pengunjung baik orang dewasa, anak-anak dan wisatawan mancanegara yang jumlahnya meningkat dibanding hari biasa.

Data yang dihimpun media ini di pos retribusi, pada hari pertama Toraja Carnaval pengunjung mencapai 3.715 orang, dengan retribusi Rp 10.000/orang sehingga total pemasukan Rp 37.150.000.

Sedangkan di hari kedua, Jumat (20/05/2022) hingga siang pengunjung tercatat sebanyak 1.720 orang, atau jumlah pendapatan retribusi sebesar Rp 17.200.000. Sehingga total pengunjung selama dua hari mencapai 5.435 orang, dengan pemasukan retribusi Rp 54.350.000.

Diharap hari terakhir pada Sabtu (21/09/2022) pengunjung meningkat tajam hingga 3 kali lipat, sebab 2 artis ibukota akan manggung yakni Sharon dan Doni Sibarani.

Diperoleh keterangan dari Panpel Koordinator Festival Band, Noldy, tercatat sebanyak 21 grup band se-Sulawesi tampil di even Toraja Carnaval yakni dari Enrekang, Makassar, Polewali, dan Luwu Timur.

Menurut Noldy, tiap peserta membawakan lagu wajib Toraja Marampa, dan lagu kedua pilihan sendiri.

Banyak yang unik dari Toraja Carnaval setelah tampil perdana grup band dadakan TRJ dari mahasiswa IAKN Toraja.

Noel vokalis TRJ band tidak menampik keikutsertaan TRJ band di Toraja Carnaval untuk mengasah keterampilan dan menambah jam terbang.

“TRJ band dibentuk khusus tampil di Toraja Carnaval untuk membuktikan anak Toraja juga bisa. Toraja Carnaval bagus untuk unjuk kebolehan,” ujar Noel.

Baca juga :  Wujudkan Netralitas TNI di Pemilu 2024, Pangdam XIV/Hsn Dirikan Posko Pengaduan di Wilayahnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...

PAPPRI dan KBPP Polri Tana Toraja Prakarsai Konser Amal Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Meskipun nencana longsor di Palangka dan Pangra'ta sepekan telah berlalu, namun masih menyisakan duka mendalam...

Kominfo Bersama Gereja Baji’ Pa’mai Maros Galakkan Literasi Digital

PEDOMANRAKYAT, MAROS — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Gereja Baji' Pa'mai Maros telah sukses menyelenggarakan sebuah...

PMKRI dan GMKI Gelar Seminar Kebangsaan Pasca Pemilu dan Pilkada Serentak

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Seminar Kebangsaaan yang diselenggarakan oleh PMKRI dan GMKI Makassar pada Sabtu 20 April 2024 digelar...