spot_img

Tim PSAT Sulsel Sidak Pasar Panakkukang, Pastikan Produk Pangan Aman Dikonsumsi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR–Tim Pengawas Keamanan Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel telah melaksanakan Workshop Pengawasan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) 17-19 Mei 2022 di Almadera Hotel, Makassar.

Kegiatan ini juga dirangkaikan kunjungan ke Pasar-pasar Tradisional sebagai pengawasan di tingkat distribusi.
Pengawasan PSAT merupakan agenda rutin Dinas Pertanian dan Pangan yang dilakukan untuk memastikan

Pangan Segar yang beredar di pasaran bebas dari cemaran residu pestisida dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Salah satu pasar yang yang jadi kunjungan, Pasar Panakkukang yang berada di jalan Toddopuli. Turut hadir Kepala Pasar Panakkukang, Fridayanti selaku peserta Workshop tersebut.

Dalam kunjungan ke pasarnya, Ida sapaan akrab Fridayanti mengatakan ke depan produk yang dijual ke pasar -pasar harus punya label dari Balai POM, sesuai aturan yang diperoleh dalam workshop.

“Alhamdulillah pasar kami jadi obyek kunjungan dari Tim Pengawas PSAT Untuk pengawasan kandungan cemaran bahan kimia sebagai rangkaian workshop yang kami ikuti. Dari hasil kunjungan itu, petugas menyampaikan agar seluruh produk pangan nantinya harus dalam pengawasan sebelum dipasarkan. Dan harus punya label dari Balai POM untuk yang kemasan,,” ujarnya.

Beberapa jenis pangan yang dimaksudkan adalah sayuran, buah, beras dan gula. Untuk sayuran dan buah harus benar benar bersih dari bahan kimia dan beras wajib mencantumkan nomor register PSAT untuk beras kemasan.

Sesuai Peraturan Permentan Nomor 53/Permentan/KR.040/12/2018, tentang Keamanan dan Mutu PSAT, setiap pelaku usaha wajib melakukan pendaftaran atas PSAT yang diedarkan dalam kemasan eceran dan/atau diberi label.

Baca juga :  Pemkot Makassar Hadiri Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Gerakan Pemuda Tani Saintek Berbagi 2.000 Bibit Pohon

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dalam rangka pelaksanaan pendampingan serta pengawalan Program Prioritas Pembangunan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan dan upaya...

Nyatakan Sikap, Ormas Pandawa Pattingalloang Klarifikasi Isu Dukungan Paslon Pilkada 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — DPC Organisasi Masyarakat (Ormas) Pandawa Pattingalloang Kota Makassar angkat bicara terkait pemberitaan yang beredar bahwasanya...