spot_img

Kemendikbud Buka Beasiswa Indonesia Maju Untuk S1 dan S2, Ini Informasi Lengkapnya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek) RI meluncurkan beragam jenis beasiswa sepanjang tahun 2022.

Salah satu diantaranya adalah program Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Program BIM resmi diluncurkan pada 11 Mei 2022.

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, menjelaskan, beasiswa ini disiapkan bagi mereka yang ingin kuliah jenjang sarjana (S1) dan magister (S2) secara gratis.

Program BIM merupakan bagian dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek dalam bentuk bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik atau lulusan berprestasi.

“Terobosan Beasiswa Pendidikan Indonesia dilakukan Kemendikbud Ristek bersama LPDP untuk mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya,” jelas Nadiem Makarim dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Tahun 2021 lalu, Kemendikbud Ristek memberikan beasiswa kepada 2.179 orang.

Tahun 2022 ini, jumlah penerima akan bertambah menjadi 3.755 orang.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek, Asep Sukmayadi menjelaskan, program BIM merupakan bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri atas program beasiswa bergelar (degree) dan non gelar (non degree).

Beasiswa Indonesia Maju bergelar (degree) jenjang S1 dan S2 dalam negeri dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Ristek.

Sementara program beasiswa non gelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek.

Pendaftaran BIM untuk program bergelar (degree) S1 dan S2 dalam negeri, dibuka mulai 11 Mei dan ditutup 30 Juli 2022.

Baca juga :  Dibuka Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2022 Untuk Mahasiwa, Ini Info Lengkapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Prodi S3 PVKT Tempatkan Dua Mahasiswanya Sebagai Lulusan Terbaik PPs UNM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan di bawah pimpinan Prof. Dr. Purnamawati MPd, menempatkan dua orang...

Haru, Muh Zainal Altim Resmi Sandang Gelar Doktor, Coto Makassar dan Pulu’ Mandoti Menemani Prosesi

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Hari Senin, (10/06/2024) kemarin, menjadi momen bersejarah bagi Muh. Zainal Altim, yang telah menyelesaikan sidang...

Resmi Berubah Bentuk, ITBA Al Gazali Barru Launching & Lantik Rektor Pertama

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Bila tidak aral melintang launching (memperkenalkan) perubahan bentuk sekolah tinggi ilmu administrasi (STIA) Al Gazali...

SMP Kristen Elim Makassar Tamatkan 21 Siswa-Siswi, Shandrawaty : Sebuah Langkah Untuk Menggapai Impian

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Elim Makassar yang berada dalam naungan Yayasan Perguruan Kristen Toraja...