spot_img

Nelayan Takalar Selamatkan 10 Penumpang KM Ladang Pertiwi, Gubernur: Akan Diperhatikan Secara Psikologis

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT – Makassar.

Proses pencarian korban terus berlanjut. Sebanyak 17 orang ditemukan selamat dari 42 penumpang penumpang Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi.

Basarnas Sulsel melaporkan KM Ladang Pertiwi tenggelam di selat Makassar, Kamis (26/5/2022) sekitar pukul 03.30 Wita. Informasi tenggelamnya kapal tersebut diketahui Basarnas, Sabtu (28/5/2022).

Dari 42 penumpang, 17 diantaranya sudah ditemukan selamat. Sementara 25 orang lainnya masih dalam pencarian.

Ke-17 penumpang selamat merupakan warga Kabupaten Pangkep, 10 orang di antaranya mendapat pertolongan dari kapal nelayan dan diturunkan di Kabupaten Takalar.

Sementara 7 orang lainnya juga mendapat pertolongan dari kapal lainnya yang akan bersandar di Banjarmasin.

Usai melakukan peninjauan di perairan Kepulauan Pangkep via Helikopter, Minggu (29/5/2022), Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman kepada wartawan mengatakan, pihaknya secara psikologis memperhatikan korban yang berhasil ditemukan selamat.

“Kita juga terus berkoordinasi dengan Bupati Pangkep untuk upaya pemulihan trauma healing untuk korban yang telah ditemukan selamat,” katanya.

Upaya pemulihan ini, lanjut Andi Sudirman, untuk mengatasi gangguan psikologis, seperti kecemasan, panik berlebihan dan gangguan lainnya.

Menurutnya, gangguan psikologis terjadi karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu korban kapal tenggelam tersebut.

Gubernur menegaskan, hingga saat ini petugas gabungan diterjunkan untuk melakukan pencarian terhadap penumpang lainnya.

Tim tersebut dari Pemprov Sulsel, kabupaten kota, TNI AU, TNI AL, Polri, Basarnas serta dibantu oleh nelayan yang melintas di perairan.

Dalam pemantauan via udara ini, Andi Sudirman didampingi Pangkoopsud II, Marsda TNI Minggit Tribowo, Kaskoopsud II Marsma TNI DJhon Amarul, Danyonif Raider 700/WYC Mayor Inf Sarman, Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, dan Kepala BPBD Sulsel Muhammad Firda.(*)

Baca juga :  Hari Kartini,Wawali Buka Kajian Islam Pengurus DWP Kota Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...

Bersiap Jelang Lebaran Idul Adha 1445 H, Kompleks BDP Perintis Makassar Bersih-Bersih

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Perayaan hari raya idul adha atau dikenal juga hari qurban 1445 Hijiriah sisa beberapa hari...