spot_img

Berhala Modern

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Manusia yang merasa dirinya lemah, senantiasa berisik, apalagi gemar melakukan huru-hara untuk menihilkan keseimbangan dunia ini, mereka berasumsi, tidak dapat melanjutkan kehidupan tanpa adanya sandaran kepada seseorang.

Pada saat demikian, manusia membutuhkan satu keajaiban, mereka mengharapkan adanya wangsit dari kubur atau hadirnya ratu adil di tengah- tengah mereka.

Lalu kita bertanya kenapa hal demikian dilakukan? Ya, karena mereka merasa lemah. Ketika seseorang merasa lemah, saat itu ada saja orang yang memanfaatkan kelemahan tersebut. Ketika hal ini dimanfaatkan, maka hal ini menjadi kesalahan diri sendiri yang menampakkan kelemahan diri.

Khalil Gibran pernah berkata, “Harapan tidak diperoleh dari hutan, tetapi hutan pun tidak tanpa harapan; kenapa hutan harus berharap, bukankah hutan sendiri merupakan pusat segala harapan? Perlukah mengharapkan sesuatu dari hutan, padahal yang dituju adalah semesta ini? Berharap itu sungguh seperti penyakit, begitu pula dengan keangkuhan seseorang karena kedudukan, kekayaan, dan ketenaran.”

Khalil Gibran melanjutkan, “Manusia yang lahir dan besar di kota, berharap bisa hijrah ke kota, sementara penduduk kota berharap dapat menikmati suasana desa dan ingin menetap kembali di desa. Manusia terkadang mengharapkan sesuatu yang tidak mereka miliki, lalu berangan-angan untuk memilikinya.”

Khalil Gibran sedang mengingatkan dan menyadarkan kita bahwasanya apa yang didambakan telah diraih, tetapi kadang manusia tidak sadar, kalau mereka telah meraih apa yang menjadi dambaannya.

Seharusnya manusia bertanya kepada diri sendiri, apa lagi yang dicari? Apa lagi yang diharap? Bukankah sesuatu yang didambakan telah diraih dan dicapai?

Baca juga :  Rangkul Pelajar SD Ikuti Lomba Menulis Cerpen, Bhabinkamtibmas Pattingalloang Berikan Motivasi dan Semangat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dihantam Ombak Tinggi KM Resky Tenggelam, 5 Orang Meninggal

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP - KM. Resky tenggelam pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 sekitar pukul 15.10 wita. Kapal ini...

Kodim dan Polres Bersinergi Perangi Passobis di Sidrap, 7 Pelaku Diamankan

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP — Kasus penipuan online di Sidrap dan sekitarnya dikenal dengan istilah sobis, menjadi masalah serius yang...

Malam Syukuran STG Tingkat Nasional XI Kontingen Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebagai wujud syukur atas prestasi kontingen Sulawesi Selatan pada Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional...

Kasus Penganiayaan Wartawan Sedang Memasuki Tahap Penyelidikan

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Buntut penganiayaan terhadap diri seorang wartawan yang telah viral di beberapa media, dibantah oleh pelaku...