spot_img

Mahasiswa Universitas Pancasakti Makassar Berkunjung ke Balla Lompoa Gowa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA – Rektor Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar, Dr H Rusdin Nawi, bersama Wakil Rektor II, Nur Afni Syahnyb SE MM, dan Dekan Fisip, Drs Qamal MSi, menemani puluhan mahasiswa Unpacti berkunjung ke Balla Lompoa, Gowa, Senin, 30 Mei 2022.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian mata kuliah “Ilmu Sosial Budaya Dasar” yang diampu Rusdin Nawi dengan tujuan agar mahasiswa mengenali salah satu budaya local Sulawesi Selatan, yakni peninggalan budaya Kerajaan Gowa.

“Puluhan mahasiswa yang kami ajak berkunjung ke Balla Lompoa adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar. Kami mengajak mereka ke Balla Lompoa agar mereka menyaksikan dari dekat peninggalan budaya Kerajaan Gowa, dan kami tugaskan mereka menulis dari hasil kunjungannya ke Balla Lompoa ini,” tutur Rusdin Nawi.

Dalam kunjungan itu, rombongan mahasiswa Unpacti diterima oleh staf ahli yang ditugaskan oleh Pemkab Gowa, yakni Jufri Daeng Pile, yang didampingi Amir Daeng Tarru.

Sebelum diterima dan mendapat penjelasan dari Jufri Daeng Pile, rombongan rektor dan mahasiswa Unpacti terlebih dahulu dipersilakan menyaksikan berbagai benda peninggalan Kerajaan Gowa, antara lain kursi raja, mahkota raja, pakaian kebesaran raja dan pembesar kerajaan, alat perang, serta Al-Qur’an tua yang sudah berusia ratusan tahun.

Rektor Unpacti dan Dekan Fisip, serta para mahasiswa juga menyempatkan diri berfoto di kursi raja dan di depan benda-benda peninggalan kerajaan yang sebagian besar tersimpan di dalam kaca.

Jufri Daeng Pile pada kesempatan itu menjelaskan sejarah Kerajaan Gowa, dan juga benda-benda peninggalan kerajaan yang ada di Balla Lompoa.

Baca juga :  Ketua DPC Partai Hanura Bulukumba Optimis Mendudukkan Kader Terbaiknya di DPRD Sulsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...

PAPPRI dan KBPP Polri Tana Toraja Prakarsai Konser Amal Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Meskipun nencana longsor di Palangka dan Pangra'ta sepekan telah berlalu, namun masih menyisakan duka mendalam...

Kominfo Bersama Gereja Baji’ Pa’mai Maros Galakkan Literasi Digital

PEDOMANRAKYAT, MAROS — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Gereja Baji' Pa'mai Maros telah sukses menyelenggarakan sebuah...

PMKRI dan GMKI Gelar Seminar Kebangsaan Pasca Pemilu dan Pilkada Serentak

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Seminar Kebangsaaan yang diselenggarakan oleh PMKRI dan GMKI Makassar pada Sabtu 20 April 2024 digelar...