Pangdam XIV Hasanuddin Buka Diklatsarmil Komcad di Rindam

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT.SUNGGUMINASA—Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H pimpin pembukaan pelatihan dasar kemiliteran (Diklatsarmil) Komcad TA 2022 di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Pakatto Gowa, Senin (30/05/2022).

Dalam kegiatan itu, Pangdam membacakan amanat Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto yang sangat mengapresiasi dan bangga kepada calon Komcad yang telah menjadi bagian dari Komponen Cadangan.

“Ini salah satu wujud upaya bela negara yang telah saudara lakukan, mengingat bela negara bukan hanya tanggung jawab Kemenhan saja, tetapi tanggung jawab seluruh komponen bangsa,” tuturnya.

Salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata),

Strategi ini melibatkan pengeloan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap SDM, sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman.

Hal tersebut tentu dilandasi penanaman nilai kesadaran bela negara disertai pembangunan kekuatan TNI beserta Alutsistanya sebagai komponen utama pertahanan negara, lanjutnya.

“Kunci kekuatan Indonesia menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa,” jelasnya.

Untuk itu, Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama.

Dalam prosesnya harus didasarkan kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter.

Baca juga :  Kasat Binmas Polres Gowa Hadiri Muscab PP Polri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...

Alumni Unhas Lutra Temu Kangen Di Hotel Bukit Indah Masamba

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA – Ratusan alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berdomisili di Kabupaten Luwu Utara melakukan temu kangen di Hotel...

Bupati Pinrang Pantau Langsung Progres Pembangunan Fisik Jalan dan Jembatan di Beberapa Titik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Bupati Pinrang Irwan Hamid kembali memantau langsung progres pembangunan fisik Jalan dan Jembatan di beberapa...